Terungkap Kelemahan Utama Yamaha M1, Ban Michelin Menguntungkan Honda !

RiderTua MotoGP – Masalah grip / daya cengkram ban ke aspal menjadi lebih lekat  adalah hal yang paling sering dikeluhkan berulang oleh Maverick Viñales dan Valentino Rossi setiap kali mereka ditanya tentang kurangnya daya saing Yamaha YZR-M1 dibandingkan dengan Honda RC213V atau Ducati GP19. Terungkap kelemahan utama Yamaha M1, Ban Michelin menguntungkan Honda !

Masalah kelekatan ban mulai ada titik terang dan kemungkinan baru akan efektif mulai musim depan. Semua hal ini berkaitan dengan Michelin. Pabrikan ban Prancis menyerahkan empat ban MotoGP pada hari Senin untuk uji coba senin di Catalunya, tiga di antaranya dirancang untuk musim depan.

Terungkap Kelemahan Utama YZR-M1

Beberapa ‘ban prototipe’ Michelin dikonfirmasi oleh Massimo Meregalli, bos tim garpu tala, telah membuat Maverick dan Rossi antusias, terutama ban belakang.

  • “Informasi tentang ban Michelin baru bagus, cengkeraman ban bagus dan saya bisa melakukan putaran dengan baik, saya berharap mereka membawa ban ini di masa depan karena akan banyak membantu motor kami,” kata Maverick Vinales.
  • “Ban Michelin baru sangat fantastis, mereka membuat banyak usaha dan bekerja keras, karena mereka telah berhasil meningkatkan cengkeramannya pada saat akselerasi, dengan ban baru juga dapat membuka gas lebih cepat dan lebih cepat,” Kata Valentino Rossi….

Menunggu perbaikan yang telah lama ditunggu-tunggu ini, Meregalli menguatkan bahwa mereka telah mengevaluasi elektronik baru di Catalunya, serta telah membuat beberapa penyesuaian berbeda dengan kontrol traksi dan rem mesin (Engine Brake)untuk membuat akselerasi lebih lancar: “Tujuan utama kami adalah untuk mengevaluasi elektronik baru, menguji kembali knalpot dan meningkatkan kemampuan akselerasi. Kedua pembalap berfokus terutama pada tujuan ini. Beberapa pihak lebih menyukainya ban baru Michelin daripada yang lain, tetapi secara umum mereka memberikan respons positif.

Massimo Meregalli, Maverick Viñales, dan Valentino Rossi setuju bahwa prototipe baru ini menawarkan lebih banyak cengkeraman, titik lemah utama YZR-M1.

Ban Michelin Menguntungkan Honda

Pada akhir 2015 setelah Michelin digantikan Bridgestones semua terungkap bahwa :

  • 1. Ban depan Michelin kurang bagus sebaliknya Bridgestone unggul..
  • 2. Ban belakang Michelin memiliki banyak grip, kebalikan dari Bridgestone.
  • 3. Ban depan dan belakang Michelin kini sudah mengalami evolusi perbaikan, namun tetap butuh gaya balap yang berbeda dengan ban BS..
  • 4. Ban Bridgestone cocok untuk hard braking
  • 5. Ban depan Michelin dalam hal menyerap tekanan (stress) dan untuk manuver tidak sebagus Bridgestone
  • 6. Honda dalam menikung mengatur motor untuk melakukan garis ‘V.’ Michelin cocok dengan Honda dan sangat baik..

Dalam hal ini tentunya itu bukan sebuah setingan bahwa Michelin “sengaja” dibuat untuk Honda. Namun adaptasi ban Michelin lebih memudahkan Honda dan motor berkarakter sama dalam meningkatkan paket motor mereka. Dengan kata lain Yamaha kesulitan beradaptasi dengan ban Michelin. Dan tahun ini setelah tes Catalunya Michelin memberikan kompon baru yang menurut Yamaha itulah yang dicari dan ditunggu-tunggu selama ini…

referensi : MCN Sport, as.com(18/06/19)

5 Comments

  1. Lebay…
    Ducati sama suzuki aja bagus ga masalah kok..
    Kalah ya kalah gitu lho..
    Honda ducati suzuki move on..
    Yamaha masih gigit jari sambil terus mencari alasan yang ngga mutu..
    Yang lalu biarlah berlalu gitu lho wkwkkwwk..

  2. Admin pemuja yamaha… jelas2 honda harus pakai ban hard-hard diawal michelin masuk untuk mengimbangi paket motornya dibanding panrikan lain. 2019 baru mulai mampu menyesuaikan pakai ban soft/medium. Artinya mereka bekerja memperbaiki settingan motor agar bisa menggunakan ban soft/medium seperti yg lain.

  3. Yo ora menguntungkan honda lik. Buktinya honda harus pake ban Hard supaya ga cepat habis waktu race, yg tentu saja ban Hard punya kerugian di grip. Yo yamaha saja yg ga maju2 dg elektronik nya. Yang ga pernah komplain & bisa pake medium soft tuh ducati. Jadi sebut aja “menguntungkan ducati”

Leave a Reply