[MotoGP Tech] ‘Thumb Brake’ atau Rem Jempol di Motor M1 Rossi, Naikkan Kecepatan Menikung!

Valentino Rossi Rem Jempol Aragon

RiderTua MotoGP – Pada sesi tes Catalunya hari Senin (17/06) lalu kita melihat penampakan motor pembalap Monster Yamaha Valentino Rossi lain dari biasanya. Ada alat kecil baru yang diuji pada motor juara dunia 9 kali ini. Bagian ini memang secara tampilan melakukan fungsi mekanis untuk pengereman roda belakang. Namun uniknya untuk mengoperasikannya tidak memakai kaki kanan. Tapi dengan ibu jari ( jempol), pertama kali dipakai Rossi  di Aragon ( 2017). Nama piranti itu adalah ‘Thumb Brake’ atau Rem Jempol di Motor M1 Rossi, Apa Fungsinya ?

‘Thumb Brake’ atau Rem Jempol

Di Barcelona Rossi mencoba rem ibu jari ( ‘Thumb Brake’) pada setang untuk rem roda belakang. Valentino Rossi suka sekali dengan rem model barunya itu. Pada kesempatan tertentu mungkin akan dia pakai di tahun depan. Selain alat pengereman ibu jari itu Rossi juga mencoba knalpot baru, yang menurutnya perbedaannya agak kecil.

Bagaimana tanggapan Rossi dengan rem ibu jari tadi ? “Menarik, tidak buruk sama sekali. Pada saat start balapan dan dalam kondisi kemiringan maksimum, ( rem jempol) ini bisa membantu. Mungkin kita akan menggunakannya di masa depan. ” kata Juara Dunia sembilan kali itu penuh takjub.

Valentino Rossi- Rem Jempol Aragon

‘Thumb Brake’ atau Rem Jempol di Motor M1 Rossi

Awalnya rem ini dipakai oleh pembalap yang kaki kanannya cedera sehingga fungi kaki digantikan oleh rem jempol tadi. Solusi teknis ini diperkenalkan oleh pabrikan rem 27 tahun yang lalu. Mick Doohan-lah yang meminta dibuatkan ketika dia menjadi korban kecelakaan serius selama tes di GP Belanda tahun 1992. Memang perlu latihan untuk mengoperasikannya karena pasti beda “feel” saat menginjak dan menekan dengan jari.. Kini rem jempol justru punya fungsi ganda yaitu “traction control” manual..

Fungsi dari Thumb Brake adalah :

  1. Secara praktis, rem ibu jari bekerja seperti semacam kontrol traksi. Diaktifkan (ditekan oleh jempol) saat berada di tengah tikungan ( mid-corner) agar tetap dekat dengan titik traksi ban, menegakkan kembali motor secepat mungkin. Pengaruhnya ? Speed Corner saat keluar tikungan…!!
  2. Dengan kata lain membantu pembalap mengontrol kompresi suspensi belakang (rear suspension), dengan menyeret rem belakang, yang menyebabkan motor tetap pada racing line yang memungkinkan power mesin digunakan lebih cepat dan melesat keluar tikungan..
  3. Pada saat tikungan ke kanan, rem jempol ini berguna bagi pembalap dengan kaki besar.. Dia akan terbantu dengan rem ini saat menikung miring dengan sudut kemiringan maksimal. Karena tidak ada risiko sepatu balapnya bersentuhan dengan aspal.

Selain Rossi rem jempol ini digunakan oleh Maverick Viñales (Yamaha), Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci ( Ducati).

Kelebihan dan kekurangan Thumb Brake

  • Keuntungan dari sistem ini adalah bahwa pengendara dapat menggunakan kedua tuas pada saat yang sama.
  • Perbedaan jumlah tekanan daya rem : Rem jempol sebesar10 bar, rem kaki sebesar 50 bar.
  • Kerugiannya adalah bobot ekstra, karena akan menjadi kaliper empat piston.

Referensi : motogp.com ( 30/06/17)

Be the first to comment

Leave a Reply