Untuk Apa Pamer Tempat Rahasia Pengembangan Elektronik Yamaha M1 Rossi di Italia ?


RiderTua MotoGP – Rupanya bukan hanya di tanah air saja tren open house digelar. Walau beda tema pastinya, beberapa saat lalu Tim Yamaha Iwata membuka kunjungan untuk umum kantor pusatnya di Gerno Di Lesmo, Italia. Di mana elektronik ( ECU) motor Valentino Rossi dan Maverick Vinales YZR-M1 dikembangkan. Lalu untuk apa pamer tempat rahasia pengembangan elektronik Yamaha M1 Rossi di Italia ?

Acara “Open House” itu dikemas dengan judul ‘Two Yamahas, One Passion – heART Lab’. Dimana konsepnya mencakup tema motor dan musikal, tentunya dengan dipamerkan motor disertai dengan alat musik dengan slogan teknologi dan kesempurnaan. Pengunjung dapat mengunjungi empat realitas industri di wilayah Brianza: (1) *Yamaha Motor (2) Yamaha Music (3) *Yamaha Motor Racing (4) Yamaha Motor R&D Eropa.

Dan ini adalah untuk pertama kalinya, para pengunjung dapat mengakses tempat rahasia R&D Motor Yamaha Eropa dari YMRE (Yamaha Motor R&D Europe) berada. Acara yang belum pernah terjadi sebelumnya juga dihadiri oleh Maio Meregalli (Manajer Tim Monster Energy Yamaha)

Maio Meregalli Memuji Quartararo

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan BT Sport, manajer tim Yamaha itu menyatakan pujiannya untuk Fabio Quartararo, yang membuat kejutan. Ke-4 motor Yamaha sangat dekat performanya, hampir identik. Dan akan tetap mengembangkan terus seperti itu. Fabio mengendarai Yamaha dengan baik, mudah adaptasi, karena dia cepat di balapan sebelumnya. Tampaknya perpaduan antara dia dan motornya dikerjakan dengan sangat baik. Dia dengan mudah mendapatkan apa yang diinginkannya, dia sangat konsisten di semua sirkuit dan tidak membuat kesalahan. Hanya pada akhir lomba masih belum terlihat hasilnya.

Untuk Apa Pamer Tempat Rahasia Pengembangan Elektronik Yamaha M1 Rossi di Italia ?

Seperti diketahui bahwa Yamaha hingga saat ini bermasalah dengan motornya. Daya saingnya belum terlihat dan cenderung menurun. Terutama di sektor Elektronik yang tertinggal dari Ducati dan Honda. Dengan dipamerkannya tempat pengembangan ECU di Italia ( Eropa) Yamaha seolah memberikan “janji”.. Kepada siapa? tentunya kepada penggemar dan pelanggan motor Yamaha. Bahwa mereka serius tahun ini akan memberikan perlawanan dengan memperbaiki kekurangan mereka di berbagai bidang. Secara psikologis tidak akan membuat pelanggan lari ke merk lain. Dimana dari sisi elektronik Yamaha akan melawan Ducati dan Honda. Dan hasilnya akan bisa kita lihat tahun depan. Apakah dengan keseriusan Yamaha membuat tempat pengembangan di Eropa, Italia ini akan membuahkan hasil ?

Karena jika Yamaha terus begini bukan saja akan ditinggal pelanggan. Rossi juga akan cepat ajukan pensiun dan serius melatih di sekolah balapnya VR46. Atau pindah jalur ke balap lain seperti rally mobil atau superbike ?

Be the first to comment

Leave a Reply