Rossi Mundur dari MotoGP Jika M1 Terbaru ‘Setali Tiga Uang’ dan Gembol ‘Cacat Bawaan’ Lama ?

RiderTua MotoGP – Yamaha dan Rossi mengharapkan pesta besar di depan penggemar dengan pakaian kuning di Mugello. Alih-alih menang di GP Italia, The Doctor harus mulai balapan dari baris belakang ( pos-18). Kemudian bersenggolan dengan Joan Mir dan kemudian berakhir di kerikil… Kondisi ini tidak terjadi selama dua puluh bulan terakhir. Infonya Yamaha akan racik paket M1 2020. Dan jika performa Yamaha cenderung menurun mungkinkah Rossi mundur dari MotoGP jika M1 terbaru ‘Setali Tiga Uang’ dan gembol ‘Cacat Bawaan’ lama ?

Seri Mugello mungkin akan lebih baik bagi Rossi jika tanpa kesalahan di sesi latihan FP3. Bisa lolos ke kualifikasi. Masalah yang dialami Yamaha kambuh lagi:

  • Top speed kurang
  • Akselerasi motor tidak mampu untuk bersaing di trek super cepat Mugello
  • Masalah manajemen ban belakang, muncul kembali saat suhu naik…

Pembalap Yamaha yang lain¬†seperti Fabio Quartararo atau Franco Morbidelli telah berhasil mengambil keuntungan dari kelebihan Yamaha di tikungan. Namun tetap saja pada akhirnya tenggelam dan tidak bisa lebih cepat dengan barisan tengah… Yang terbaik dari M1 dalam lomba adalah Maverick Vinales itupun diluar 5 besar dan karena ada pembalap yang jatuh…

Rossi Mundur dari MotoGP Jika M1 Terbaru ‘Setali Tiga Uang’ dan Gembol ‘Cacat Bawaan’ Lama ?

Valentino Rossi pernah nyatakan bahwa dia akan tetap membalap selama masih kompetitif… Namun dengan krisis teknis yang dialami Yamaha apakah Rossi akan bertahan lebih lama?. Walau kini Valentino Rossi masih mampu berada di peringkat kelima di klasemen. Jika Yamaha ingin Rossi terus membalap tidak ada pilihan lain para insinyur Yamaha harus meninggalkan proyek yang sekarang ketinggalan zaman. Dan sedikit dikembangkan. Sudah terbukti M1 mempunyai “cacat bawaan” yang selama tiga tahun menghambat laju motornya.

Namun ada sedikit berita baiknya. Di Jepang para insinyur sudah mengerjakan mesin baru.. Setidaknya di bulan Agustus, saat tes Brno( hari Senin setelah balapan). Yamaha akan meluncurkan prototipe pertama dan terbaru dari M1 di versi 2020. Dan M1 bulan Agustus itu akan menjadi harapan terakhir Valentino Rossi untuk dapat bermimpi membangun masa depan yang lebih cerah. Setidaknya musim depan, dimana juga merupakan kontrak terakhir dengan Yamaha Iwata dan mungkin menjadi yang terakhir dari karirnya di Kejuaraan Dunia MotoGP jika M1 bulan Agustus performanya sama saja..tidak meningkat !.

Mungkinkah Bulan Agustus Ini Keputusan The Doctor Pensiun dari MotoGP…?

Be the first to comment

Leave a Reply