Fiat Chrysler akan Gabung Dengan Renault ?

(Foto: Okezone News)

RiderTua Mobil – Fiat Chrysler Automobile (FCA) kini sedang merencanakan merger perusahaan mobil. Sebenarnya kabar ini sudah lama terdengar sejak tahun lalu. Namun kabar tersebut dianggap rumor semata. Fiat Chrysler akan gabung dengan Renault.

Baca juga: Renault dan Nissan Mau Beli Fiat Chrysler ?

Renault-showroom-Surabaya

Fiat Chrysler akan Gabung Dengan Renault ?

Kabar merger FCA kembali terdengar setelah tersiar munculnya proposal merger dari FCA. Perusahaan mobil ini akan bergabung bersama Renault. Jika terwujud, maka keduanya akan menjadi pabrikan global peringkat ketiga.

Kesepakatan ini akan menjadi salah satu strategi Renault untuk menjadi produsen mobil yang besar, layaknya Toyota. Aliansi ini dapat menjual hingga 8,7 juta mobil tiap tahunnya. Sehingga ini membuat posisi Renault di pasar otomotif global menjadi semakin kuat.

Namun ada kendala yang harus dihadapi oleh Renault dan FCA. Yaitu masalah politik dan tenaga kerja dari tempat asal FCA dikhawatirkan akan menyebar ke Renault nantinya. Walau pemerintah Prancis mendukung merger tersebut, sepertinya mereka harus melihat kesepakatan tersebut lebih dalam agar mencegah hal yang tidak diinginkan.

(Foto: Inside EVs)

Renault dan FCA, jika sudah merger, maka kesempatan untuk membuat mobil listrik bersama bisa lebih besar. Memang sudah banyak produsen mobil yang berkolaborasi untuk membuat mobil listrik.

Renault sendiri sudah masuk dalam aliansi Nissan dan Mitsubishi. Namun hal ini belum membuat produsen mobil asal Prancis ini puas. Maka merger dengan FCA menjadi tujuan selanjutnya.

Referensi: DetikOto (27/05/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply