Wajah Bengis Honda CRF1000L Africa Twin 2020 !

RiderTua Motor – Empat tahun sudah Honda meluncurkan Honda CRF1000L Africa Twin. Saat ini muncul pembicaraan tentang adanya pembaharuan motor adventure tourer dari pabrikan sayap mengepak ini. Diperkirakan akan nongol di tahun 2020 yang merupakan pembaruan pertama CRF1000L. Hal ini dilakukan melihat kompetitor yang juga bersolek seperti KTM 1290 Super Adventure dan BMW R 1250 GS. Sepertinya tidak hanya dari sisi tampilan karena teknologi roda dua berkembang terus saat ini.  Namun yang pertama dilihat pastinya tampilan wajah kemudian berlanjut ke performa. Dan inilah Wajah Bengis Honda CRF1000L Africa Twin 2020 !

Wajah Bengis Honda CRF1000L Africa Twin 2020 !

Seperti dilansir majalah Jepang Young Machine, Africa Twin 2020 akan merencanakan sebuah revisi terbaru dari mesin dua silinder paralel dengan 8 katup. Dimana ruang bakarnya yang awalnya berkubikasi 998 cc naik ke 1.100 cc untuk mengimbangi kemungkinan hilangnya performa yang bisa terjadi akibat adaptasinya terhadap regulasi Euro 5. Secara pasti besaran tenaga motor belum ada bocoran. Namun untuk kisaran saja diantara 10 hingga 15 tenaga kuda akan naik. Sehingga menjadikan Afrika Twin CRF1100L baru 2020 kemungkina punya power maksimal 110 hp ( saat ini 94 hp). tentunya hal ini harus dilakukan Honda melihat rivalnya punya performa diatasnya.

Desain dan bentuk motor masih mirip dengan versi sebelumnya. Namun untuk versi Adventure Sports akan menambah kapasitas tangki bahan bakarnya dari 24 liter saat ini menjadi 30 liter untuk menambah jarak tempuh hingga 600 kilometer. Bertambahnya kapasitas tangki selain mempengaruhi lebar motor, juga menimbulkan kesan lebih berotot.

Menurut Young Machine lagi, Honda akan mempertajam “mata”nya dengan menyematkan lampu depan DRL (Daytime Running Light) LED dengan tampilan yang lebih bengis dan menarik. Ada juga kemungkinan bahwa Honda menambahkan lampu adventure di sisi fairing untuk menerangi saat berkendara malam hari, sebuah teknologi yang Kawasaki dan KTM sudah diperkenalkan pada beberapa model mereka tiga tahun lalu.

Bagaimana makin bengis bukan ?

1 Comment

Leave a Reply