Bungkam Cibiran, Ogah Tobat ! Kenapa KTM Pakai Teralis dan Suspensi WP Kok Bisa Kencang ?

RiderTua MotoGP – Tim pabrikan KTM Austria memilih jalur unik saat turun ke MotoGP tiga tahun lalu. Dua hal yang disebut sebagai keputusan  komersial. Karena KTM memakai frame teralis dan suspensi WP. Sementara semua tim memakai frame aluminium dan suspensi Ohlins. Semua bersumber dari pabrikan KTM menjual sepeda motor dan sepeda motor trail dengan kerangka teralis dan ada hubungan bisnis dengan perusahaan suspensi WP… 3 tahun pertama memang terbukti mereka kesulitan karena jalan yang mereka ambil beda. Bahkan beberapa pengamat meminta KTM Tobat dan mengikuti cara tim lain. Namun di seri Prancis tim Austria itu bungkam cibiran dan ogah tobat ! Kenapa KTM pakai teralis dan suspensi WP kok bisa kencang ?

KTM Yakin dengan Rangka Teralis Baja Unik Mereka di MotoGP
rangka teralis (baja tubular) RC16

Penderitaan KTM di GP Jerez dengan pembalap Pol Espargaro dan Johann Zarco menjadi berita utama. Banyak di antaranya bersikeras bahwa proyek MotoGP tiga tahun KTM ditakdirkan gagal jika pabrikan itu tidak meninggalkan rangka baja tubular RC16 dan suspensi WP-nya.

Namun seketika semuanya berubah di GP Le Mans. Pol Espargaro finis di urutan keenam padahal di balapan kering. Namun yang lebih menarik lagi adalah Espargaro tertinggal hanya 5,9 detik di belakang Marc Marquez, selisih 0,2 detik untuk satu lap, dibandingkan dengan jarak si GP Jerezz yang  0,8 detik.

Kenapa KTM Pakai Teralis dan Suspensi WP Kok Bisa Kencang

Berikut Jawaban atas semua peningkatan KTM di GP Prancis

  • Dari sisi pembalap Espargaro, juara dunia Moto2 itu adalah pembalap super agresif yang membutuhkan banyak cengkeraman untuk melaju kencang.
  • Le Mans adalah jenis trek yang perlu gaya agresif agar bisa mencengkeram dan karakter aspal trek Prancis adalah grippy.
  • RC16 menggunakan swingarm serat karbon terbaru, yang telah diuji KTM secara rahasia pada hari Rabu sebelumnya di Jerez.

KTM adalah pabrikan ketiga yang menggunakan swingarm serat karbon, setelah Ducati dan Honda. Kelebihan swing arm serat karbon adalah bahan yang sempurna untuk balap. Ringan dan kuat, menghasilkan kelembutan untuk cengkeraman ban terbaik saat menikung. Dengan bahan karbon berdampak pada banyaknya cengkeraman pada ban belakang, awet dengan ban dan untuk meningkatkan perasaan yang lebih baik terhadap ban.

Bagaimana pengaruhnya swing arm karbon dengan rangka teralis (baja tubular) RC16 dan suspensi WP? Kita bahas di artikel berikutnya. Yang jelas KTM bungkam cibiran dan ogah tobat ! dan tetap pakai rangka teralis dan suspensi WP ….

Be the first to comment

Leave a Reply