Hasil MotoGP Le Mans Prancis : Marquez Juara Diikuti Dovi dan Petrucci Rossi ke-5 !

RiderTua MotoGP –  Putaran ke-5 MotoGP 2019 digelar di ‘Kota Mode’, Prancis sirkuit Legendaris Bugatti – Le Mans. Balapan di trek sepanjnag 113 km ini berlangsung dalam 27 lap. Sirkuit ini selain merupakan rumah balap bagi pembalap Zarco dan Quartararo juga balap kandang bagi produsen ban Michelin. Posisi pole position ditempati oleh pembalap juara dunia bertahan Marc Marquez diikuti oleh tiga pembalap Ducati Petrucci, Miller dan Dovi, sementara Rossi start dari posisi ke-5 ( baris  kedua) bersama muridnya Morbidelli. Marquez Juara Dikuti Dovi dan Petrucci Rossi ke-5

Marquez Juara Dikuti Dovi dan Petrucci, Rossi ke-5

Balapan berlangsung dalam kondisi kering ( dry race) namun suhu lintasan dingin dan para pembalap memakai ban soft, kecuali Nakagami Medium – Soft, yang akhirnya crash di lap ke 20.

Lap pertama pertama Marc Marquez memimpin dan mendapat serangan dari dua Ducati  Petrucci, Miller. Valentino Rossi memanfaatkan kemelut dua Ducati dan berhasil ambil alih di posisi ketiga di lap kedua. Dovizioso dengan power Ducati berhasil menyalip Rossi. Jack Miller di lap berikutnya mampu melibas Marquez karena sangat percaya diri dengan trek dingin. Barisan depan untuk beberap waktu terjadi aksi duel Jack Miler dan Marquez diikuti Dovi dan Rossi..

Di Lap ke -7 Bagnaia (Ducati) jatuh di tikungan 12 dan mengenai Maverick Vinales (Yamaha) dan keduanya tidak bisa melanjutkan balapan. Di lap ke-10 Marquez mulai meninggalkan lawannya, Miller dan Dovi berebut posisi 2. Sementara Rossi tidak bisa memberikan perlawanan di posisi 4, bahkan disalip oleh Ducati -Petrucci. Di lap 13 Marc memimpin semakin jauh dengan jarak +1.172 detik.

Lap ke-17 Marc masih memimpin dengan gap +2.896 detik atas Dovi yang berhasil oleh Mapping 8 Miller. Valentino Rossi semakin tertinggal dengan jarak +5.306 dari Marc !. Menariknya yang bisa menyamai kecepatan balap ( race pace) Marc adalah Quartararo namun karena berada di belakang ( pos-9) tidak terlihat. Ducati menjadi motor tercepat di Le Mans setelah “Honda-Marquez” sementara Yamaha Rossi harus bekerja keras mengejar Satelit Ducati ( Miller).

Duel tim pabrikan Ducati terjadi antara Dovi dan Petrucci terjadi di 3 lap jelang akhir lomba. Sementara Rossi berebut posisi ke-4 dengan Jack Miller. Akhirnya Marc Marquez memenangkan HUT ke-50 dari balapan Le Mans yang legendaris. diikuit oleh Dovizioso dan Petrucci dan Miller Rossi ke-5.

 

Hasil MotoGP Le Mans Prancis

 

1 Trackback / Pingback

  1. Kumpulan Blog yang Membahas MotoGP Le Mans Perancis 2019 – Mercon Motor

Leave a Reply