Terciduk, Honda RC213V Meniru Salad Box Ducati, Dibayangi Terus !

RiderTua MotoGP – Persaingan di arena balap motor kelas wahid MotoGP saat ini tidak hanya antar pembalap saja. Ditingkat insinyur dan perancang desain motor juga tak mau kalah. Bahkan sering saling membayangi setiap temuan baru pasti akn diikuti oleh lawan jika membawa manfaat bagus. Seperti winglet dan spoiler kecil di swingarm Ducati yang kontroversial akhirnya di pakai juga oleh tim lain. Saat sesi latihan Jerez ada penampakan menarik pada motor tim HRC Repsol Honda RC213V meniru salad box Ducati, dibayangi terus…

 

Honda RC213V meniru salad box Ducati

Honda RC213V meniru salad box Ducati ini memang bukan hal yang pertama kali dilakukan. Beberapa saat lalu setelah ikut protes sayap kecil di dekat ban, Honda juga menggunakannya. Dalam persaingan memang bukan hal yang aneh jika antar tim saling meniru. Sebenarnya apa fungsi salad box pada Ducati sehingga Honda juga menirunya ?

Salah satunya ada yang menyebutnya sebagai Mass Damper. Ada yang secara sederhana menduga kotak salad itu sebagai Pemberat .. Kemudian ada yang menerka itu adalah kotak Elektronik. Semua dugaan itu telah tertuju pada bagian yang disebut sebagai “kotak salad” yang terkenal itu dan letaknya di bawah jok Ducati.

Mass Damper secara mudahnya aja adalah semacam alat penyerap getaran (vibration absorber). Atau karena ini ban belakang Ducati awet…?

Misteri Salad Box Ducati Masih Belum Terkuak

Namun yang paling mendekati adalah teori “katup exhaust jet” dimana bahan logam yang terlihat pada sayatan pembungkus sebagai mekanisme pengaturan moncong gas buang. Namun karena besarnya ukuran box disinyalir juga bahwa kotak itu berisi semacam giroskop. Sebagai alat untuk mempermudah handling Ducati  misalnya saat mencoba menyesuaikan power motor saat keluar tikungan dan menjaga stabilitas mesin, dengan menyerap beberapa macam perilaku motor yang tidak sesuai harapan.
Faktanya beberapa pengamat menyatakan bahwa handling Ducati saat ini membaik.

 

1 Comment

Leave a Reply