Pembalap Bagus Tanpa Motor Kencang Bukan Apa-apa ?

RiderTua MotoGP – Pembalap bagus tanpa motor kencang bukan apa-apa ?. Mirip sebuah pertanyaan duluan telur apa ayam…. Modal pengalaman saja tidak cukup untuk menang dalam balapan. Di era balap modern saat ini peralatan motor balap semakin maju dan berkembang pesat. Penemuan baru dengan biaya tinggi membuat pabrikan dan tim kaya menjadi raja. itulah sebabnya penyelenggara MotoGP membuat aturan yang membatasi pengembangan motor. Tanpa itu tim satelit atau non pabrikan akan di overlap dan tidak pernah berada di barisan depan.

Jika kita melihat kualitas pembalap saat ini rata-rata sudah setara. Namun perang teknologi yang menjadi pembeda. Dengan kemampuan selangitpun tanpa dibantu racikan motor yang jempolan akan semakin di belakang. Memang tidak dipungkiri adaptasi pembalap dan motor juga diperlukan. Dua pembalap dalam satu tim dengan motor yang sama bukan jaminan akan podium bersamaan. Namun setidaknya jika dibandingkan dengan tim lain yang datang belakangan ( ambil contoh Aprilia dan KTM) kita akan bisa melihat seberapa jauh peran motor untuk menang.

rekor semusim Rossi atau Marquez yang sulit dipecahkan

Pembalap Bagus Tanpa Motor Kencang Bukan Apa-apa ?

Di kelas balap lain seperti di superbike misalnya kita bisa mengambil contoh tim Ducati. Dengan menurunkan mesin terbaru yang mendekati teknologi motogp terbukti mampu kalahkan Kawasaki. Kawasaki memang mendominasi dengan pembalap hebatnya Rea.. Empat kali juara dunia dan tak tersentuh. Setelah Ducati turunkan mesin terbarunya semua jadi beda banget…

Alvaro bautista selama tiga tahun dia hanya peringkat 12 Dunia… Dan kini dia memimpin klasemen pembalap… Pembalap bagus tanpa motor kencang bukan apa-apa ?.

1 Comment

Leave a Reply