Ini Bukti Valentino Rossi Menyamai Gaya Ekstrem Marquez Saat Menikung !

RiderTua MotoGP – Kemampuan menikung Marc Marquez memang sulit disamai pembalap lain. Sudut kemiringan saat menikung (lean angle)  Marquez paling miring hingga berada di kisaran 62-63 derajat. Bahkan infonya dilakukannya pada kecepatan 183 kpj. Di seri Argentina Valentino Rossi menyamai gaya ekstrem Marquez saat menikung …

Valentino Rossi sering mengatakan berapa kali bahwa dia harus mengubah gaya balapnya. Semua karena merek ban. Dimana Vale sudah merasakan bermacam produk ban Dunlop, Bridgestone dan Michelin. Selain itu akibat dari perubahan karakter mesin in-line dan mesin-V. Karena peningkatan sistem elektronik seperti kontrol traksi, launch control, control wheelie  dan corner by corner set-up. Perubahan electronic engine control (ECU ). Semua itu yang membuat semua pembalap harus beradaptasi dengan gaya balapnya.

Valentino Rossi Menyamai Gaya Ekstrem Marquez Saat Menikung

Di Grand Prix di Las Termas, Argentina, fotografer speedweek.com(03/04/19) memperhatikan elbow slider di lengan kanan Valentino Rossi tergerus aspal. Hal ini membuktikan Rossi sudah melakukan gaya menikung yang ekstrem dengan sudut kemiringan hingga 63 derajat. Ya, siku orang tua berusia 40 tahun itu bersentuhan dengan aspal dan foto itu sebagai bukti.

Perubahan gaya menikung ini akan menutupi kekurangan dari perilaku motor saat melibas tikungan. Dengan cara ini pula kecepatan motor saat  keluar dari tikungan (cornering speed) bisa meningkat. Kemampuan menikung yang ekstrem akan memberikan efek racing line yang menguntungkan. Jadi apakah cara ini yang diadaptasi Rossi sehingga dia menjadi pembalap tercepat di Yamaha.. ?

Be the first to comment

Leave a Reply