Toyota Sienta yang Berjuang Sendiri Saat Penjualannya Terpuruk

toyota sienta
toyota sienta

RiderTua Mobil – Nama Sienta seperti sudah tidak lagi digaungkan saat ini. Mungkin banyak orang mengira kalau mobil MPV sliding-door ini sudah disuntik mati, layaknya rival lainnya. Toyota Sienta yang berjuang sendiri saat penjualannya terpuruk.

Baca juga: Toyota Bisa Pertimbangkan Bawa Sienta Hybrid ke Indonesia
(Foto: Otomotif1)

Toyota Sienta yang Berjuang Sendiri Saat Penjualannya Terpuruk

Kenyataannya, Sienta masih dijual oleh Toyota Astra Motor (TAM). Namun nasibnya semakin lama semakin terpuruk. Hal ini tidak lain karena persaingan yang sangat ketat di segmen MPV.

Jika melihat catatan penjualan mulai dari Oktober 2017, Sienta terjual hingga 1.485 unit. Entah mengapa di bulan November anjlok menjadi 25 unit, dan di Desember naik 69 unit. Dan sepanjang tahun 2018 lalu, paling banyak hanya 747 unit Sienta yang terjual di bulan September.

Awal tahun 2019, Sienta terjual hingga 66 unit, dan bulan setelahnya naik 111 unit. Sepertinya penjualannya terus naik turun tak menentu. Itupun tidak sampai lebih dari 1.000 unit.

TAM pernah mengakui kalau penjualan Sienta akhir-akhir ini terus nge-drop. Hal ini, seperti yang disebutkan sebelumnya, karena persaingan di kelasnya. Meskipun begitu, TAM masih tak ingin melepas Sienta begitu saja.

Lain di Indonesia, lain pula di Jepang, dimana Sienta laris manis dibeli. TAM menganggap kalau Sienta butuh waktu agar bisa diterima kembali oleh konsumen Indonesia. Walau sebenarnya Sienta sudah lama hadir.

Be the first to comment

Leave a Reply