Kenapa Protes Sirip Motor Tim Ducati Bahayakan MotoGP ?

RiderTua MotoGP – Kenapa protes sirip motor tim Ducati bahayakan MotoGP ?.. Perang politik mewarnai gelaran perdana MotoGP 2019. Yang paling mengganggu Dall’Igna adalah “fakta bahwa Honda telah mempertanyakan keputusan direktur teknis Danny Aldridge, yang telah secara resmi menyetujui perangkat Ducati selama pra- tes musim. Dia berharap masalah seperti itu selalu diselesaikan dalam keheningan, tanpa mengganggu stabilitas lingkungan, tetapi sebaliknya mencari kompromi antara produsen dan Federasi. Dan itu sudah sering dilakukan dalam sejarah Kejuaraan Dunia MotoGP.

Kenapa Protes Sirip Motor Tim Ducati Bahayakan MotoGP ?

Justru karena protes itu meskipun sah berdasarkan peraturan, merupakan preseden berbahaya bagi dunia balap roda dua. Bukan kebetulan karena kasus ini lahir dari direktur pelaksana baru Aprilia, Massimo Rivola, seorang pria dengan pengalaman hebat di Ferrari dan di Formula 1. Ibarat aura balap mobil F1 akan melemahkan image MotoGP. Ducati merasa berhak untuk tidak diserang tanpa membela diri, tetapi jika serangan pertama ini hanya merupakan awal dari perang terbuka, konsekuensinya bisa sangat serius dan berpotensi tidak dapat diperbaiki.

Bisa Diperbaiki Sebelum Terlambat

Dari peningkatan protes yang tidak terkendali, pada kenyataannya akan mempengaruhi eksistensi dunia balap motor terutama MotoGP. Keriuhan yang berlanjut ke ranah hukum dan pembatalan atau diskualifikasi akan menjadi drama di balap roda dua…. Ducati berniat baik untuk mengajak mereka menarik dan mundur selangkah. Kembali fokus pada persaingan di lintasan balap. Semua untuk kebaikan semua. Sebelum terlambat.

Intinya jika masalah ini berujung diskualifikasi Dovi maka ibarat perang akan pecah Ducati tidak akan tinggal diam…

3 Comments

  1. Sepertinya motogp tanpa ducati pun akan baik2 saja, toh masih ada perwakilan motor non jepang lainnya (KTM & Aprilia) walaupun mungkin agak sulit dan butuh waktu mendekati level jepang. Jaman motor ganas 2 stroke 500cc yang jelas dikuasai pabrikan jepang, malah lebih seru dgn persaingan pembalap2 top USA & Europe. Lebih dominan faktor pembalap adu nyali dan skill di sirkuit.

Leave a Reply