Honda Akhiri Penjualan Brio, Kalah Saing dengan Model Lain ?

(Foto: viva)

RiderTua Mobil – Kabar mengejutkan datang dari Honda, ketika mereka memutuskan untuk menghentikan penjualan Brio di India. Memang mengejutkan karena mobil ini baru saja mendapat pembaruan pada GIIAS 2018 lalu. Honda akhiri penjualan Brio, kalah saing dengan model lain.

Baca juga: Honda Freed Pergi, Toyota Sienta Masih Melenggang
(Foto: Detik Oto)

Honda Akhiri Penjualan Brio, Kalah Saing dengan Model Lain ?

Kabar ini datang dari India, dimana penjualan disana cukup bagus. Nasib Brio memang tidak seberuntung di Indonesia. Sampai saat ini, penjualannya masih cukup bagus walau bersaing ketat dengan LCGC atau MPV.

Sementara di India, penjualan Brio sudah menunjukkan penurunan. Sepanjang tahun 2018, Brio tercatat terjual sebanyak 2.277 unit. Bahkan pada bulan Desember 2018, hanya terjual 8 unit saja.

Mengapa bisa seburuk itu? Brio menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan model city car lainnya di India. Mulai dari Maruti (Suzuki) Swift, Hyundai Grand i10, dan Tata Tiago. Ketiga model city car ini menjadi rival terberat bagi Brio.

Selain persaingan ketat di segmennya, penghentian penjualan Brio terjadi karena adanya regulasi baru dari pemerintah India. Dalam aturan tersebut, produsen mobil wajib memberi peningkatan fitur keselamatan pada produknya. Jika Honda mau mengikuti aturan tersebut, bisa saja Brio tidak jadi disuntik mati.

Sebagai gantinya, Honda akan mengganti Brio dengan model Amaze. Generasi terbaru Brio (kemungkinan facelift yang tersedia di Indonesia) tidak akan dibawa ke India.

Be the first to comment

Leave a Reply