Honda Sudah Punya Motor Listrik PCX, Bagaimana Yamaha ?

RiderTua Motor – Dengan kehadiran PCX Electric alias listrik, Honda sudah bersiap untuk menyambut era kendaraan listrik di Indonesia. Namun motor ini belum bisa diproduksi massal. Hanya sebatas disewakan saja. Honda sudah punya motor listrik PCX, bagaimana Yamaha.

Baca juga: AHM Resmi Mengenalkan Honda PCX Electric

Honda Sudah Punya Motor Listrik PCX, Bagaimana Yamaha ?

Sistem sewa PCX Electric sebenarnya sudah diterapkan lebih dulu di Jepang. Mungkin karena regulasi kendaraan listrik belum disahkan oleh pemerintah. Kalau tetap dijual, harganya bisa mencpai Rp 40 juta, layaknya PCX CBU.

Sementara itu, Yamaha masih mempertimbangkan soal membawa motor listrik. Walau sudah siap untuk membawa teknologi motor listrik, namun ada beberapa hal yang harus dipikirkan sebelum melakukannya.

Seperti kelengkapan infrastruktur pendukung kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini jumlah stasiun pengisian daya kendaraan listrik masih sangat minim. Kebanyakan bisa ditemukan di daerah perkotaan yang strategis.

Kemudian masalah mengenai baterai kendaraan. Jika sudah tidak terpakai, maka jangan sampai dibuang sembarangan. Jika tidak, maka dinilai bisa membahayakan lingkungan karena memiliki senyawa yang sangat beracun. Maka perlu pengolahan limbah baterai yang tepat.

Sebenarnya Yamaha sudah cukup lama menguji EV (motor listrik) di Eropa. Seperti dengan adanya produk Easy 1 dan 2. Entah berapa lama lagi aturan tersebut disahkan, namun jika sudah selesai, maka Yamaha dan mungkin produsen otomotif lainnya siap memboyong kendaraan listrik ke Indonesia.

2 Comments

Leave a Reply