Mobil SUV Rawan Terguling Saat Kecelakaan ?

Pajero Vs Fortuner
(Foto: Otomotif Kompas) Pajero Vs Fortuner

RiderTua Mobil – Mobil SUV sudah semakin diminati oleh konsumen di seluruh dunia. Karena semakin nge-tren, sudah sebagian besar produsen mobil yang mempunyai mobil jenis ini. Termasuk produsen supercar Lamborghini dengan SUV Urus. Mobil SUV rawan terguling saat kecelakaan.

Baca juga: Penampakan SUV Wuling Almaz Sudah Bocor Duluan Sebelum Meluncur
Lamborghini-Urus-SUV
(Foto: Italian Auto Icons) Lamborghini-Urus-SUV

Mobil SUV Rawan Terguling Saat Kecelakaan ?

Penampilan SUV yang gagah membuatnya diandalkan di keadaan jalan apapun. Baik jalan kota maupun ekstrim seperti off-road. Apalagi kemampuan dalam mengangkut penumpang dan barang bawaan layaknya MPV.

Namun sebenarnya ada bahaya dibalik kegagahan SUV. Situs otomotif dan safety driving Edmunds menyatakan bahwa mobil SUV lebih rentan terkena rollover atau terguling. Baik saat kecelakaan atau melintasi jalanan ekstrim.

Bagaimana bisa? Hal ini karena pusat gravitasi SUV lebih tinggi daripada jenis mobil lainnya yang memiliki jarak lebih dekat ke tanah. Resiko tersebut bisa meningkat jika sang pengemudi tidak memperhatikan kapasitas barang bawaan pada kendaraan alias overload.

Resiko tergulinng juga bisa disebabkan oleh tekanan ban yang tidak sesuai pabrik. Sehingga ban bisa pecah saat dilaju di jalanan dan menimbulkan kecelakaan. Edmunds menyarankan agar para pemilik SUV perlu memeriksa tekanan ban agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sebenarnya tiap mobil sudah dilengkapi dengan ESP/ESC (Electronic Stability Program/Control). Fitur ini berguna untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya, termasuk menghindari rollover yang terjadi pada mobil. Namun Edmunds tetap memperingatkan kalau sewaktu-waktu fitur tersebut bisa lepas kendali saat terjadi kecelakaan. Lalu dengan pernyataan ini, masih amankah mobil SUV untuk dikendarai?

Be the first to comment

Leave a Reply