Maverick Vinales Membutuhkan Psikiater Olahraga, Apa itu ?

RiderTua MotoGP – Maverick Vinales membutuhkan psikiater olahraga, apa itu ?. Persaingan di MotoGP levelnya sangat tinggi bukan saja masalah teknis baik dari performa mesin maupun teknik balap. Namun secara mental pembalap harus siap bertarung. Seperti dilansir crash.net (11/01/19) Maverick Vinales mencoba mencari psikiater olahraga, tetapi itu tidak mudah, karena yang dia butuhkan adalah menemukan yang baik yang mengerti dia.

Maverick Vinales Membutuhkan Psikiater Olahraga, Apa itu ?

Psikiater olahraga (sport psychiatrist) harus memiliki kemampuan diagnostik dan reformulasi yang kuat, dikombinasikan dengan keterampilan komunikasi yang efektif dan analisis interpretatif dari informasi yang diperoleh. Diperlukan kesadaran akan kompleksitas tentang obat-obatan di dunia olahraga dari aspek metabolisme dan ‘doping’. Peran psikolog disini kadang terjadi tumpang tindih. Psikolog di Inggris membantu menjelaskan hal ini. Sebagai dokter, psikiater olahraga harus mengambil setiap kesempatan untuk mencegah, mendiagnosis, dan membentuk rencana perawatan untuk ‘penyakit mental’ pembalap. Di tempat yang diterima dalam aturan dan disiplin dalam sebuah tim, daripada hanya berfokus pada memantau performa pembalap.

Lingkup Psikiater olahraga terus berkembang. Seiring dengan kolaborasi dengan petugas medis olahraga, tenaga dan staf persiapan atlit, pelatih dan fisioterapis. Memberikan wawasan tentang kesehatan mental atlet. Bidang inti dari keahlian diagnostik tetap untuk masalah depresi, kecemasan, gangguan makan, penyalahgunaan zat dan berbagai kecanduan, manajemen cedera kepala dan ADHD. Pengobatan penyakit ini ‘menggunakan psikoterapi dan bantuan farmakologis serta membantu dengan masalah sosial membentuk bagian sentral dari manajemen. Meminimalkan risiko juga merupakan bagian penting dari ini. Tugas lain untuk pembalap adalah menanggulangi masalah kecemasan yang pengaruhi performa, persiapan pra-pertandingan, masalah psikososial, penanaman budaya tim juga ditangani oleh psikiater olahraga ini. ( blogs.bmj.com,13/08/18)

Jadi di era kini dari sisi mental tugas psikiater olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga performa “mental” seorang petarung di lintasan balap…

Be the first to comment

Leave a Reply