Potensi Daihatsu Membawa Mesin Turbo pada Semua Modelnya

(Foto: Carmudi)

RiderTua Mobil – Mobil bertenaga turbo mungkin masih belum banyak dijual di Indonesia. Kalaupun ada, itu hanya terbatas pada mobil mewah saja. Namun kini banyak mobil berkapasitas kecil yang menggunakan teknologi turbo. Potensi Daihatsu membawa mesin turbo pada semua modelnya.

Baca juga: Daihatsu akan Bawa Xenia Bermesin 1.5 L Tahun Depan ?

Potensi Daihatsu Membawa Mesin Turbo pada Semua Modelnya

Penggunaan turbo memang bukan sesuatu yang baru. Mengingat teknologi ini sering digunakan pada mobil sport. Namun kini mobil biasa juga menggunakannya, namun kebanyakan menggunakan mesin berkapasitas kecil.

Daihatsu merupakan salah satu di antara produsen mobil yang mulai melirik turbo. Sebenarnya hingga kini Daihatsu belum memiliki model dengan turbo. Walaupun Daihatsu pernah menampilkan Ayla Turbo pada GIIAS 2018 lalu. Namun varian ini belum bisa dijual.

Daihatsu mengatakan bahwa sebenarnya mereka bisa menerapkan mesin turbo pada semua modelnya. Secara teknologi sudah siap dan tinggal menerapkannya. Apalagi tren otomotif saat ini yang sudah condong ke arah mesin turbo dengan kubikasi kecil.

Nyatanya turbo mengalami perkembangan yang cukup cepat daripada 10 tahun lalu. Dulu turbo hanya digunakan untuk memberi tenaga lebih pada mesin. Selain itu, kelemahannya yaitu turbo lag, yaitu keadaan dimana kemampuan mesin menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Kini teknologi ini banyak digunakan karena sudah bisa menjaga efisiensi bahan bakar.

Karena sudah siap dari dulu, Daihatsu hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk membawa varian turbo. Jika memungkinkan untuk menerapkannya pada semua model termasuk Ayla, maka Daihatsu siap melakukannya.

Sumber: Kompas.com (20/12/18)

Be the first to comment

Leave a Reply