Mitsubishi Mulai Kurangi Produksi Xpander di Akhir Tahun Ini

(Foto: Otomotif-Tempo.co) pabrik mitsubishi xpander

RiderTua Mobil – Beberapa bulan terakhir, Mitsubishi sibuk untuk menyelesaikan semua pemesanan LMPV andalannya, Xpander. Baru dirilis setahun yang lalu, Xpander sudah diincar ratusan ribu konsumen. Tak hanya di Indonesia, tetapi juga luar negeri seperti Thailand dan Filipina. Mitsubishi mulai kurangi produksi Xpander di akhir tahun ini.

Baca juga: Xpander Kuat di Pasar Otomotif Nasional dan Ekspor
(foto: mobil123.com)

Mitsubishi Mulai Kurangi Produksi Xpander di Akhir Tahun Ini

Namun jelang akhir tahun 2018, Mitsubishi mulai mengurangi produksi Xpander. Akibatnya peringkat di kelas LMPV menurun, sehingga membuat ‘Baby Pajero Sport’ ini harus mengalah dari Avanza. Walau sudah cukup lama Xpander bertengger di peringkat teratas dalam segmennya.

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengakui adanya dampak dari pengurangan produksi Xpander. Tak dijelaskan secara rinci angka distribusi atau wholesales ke dealer pada bulan-bulan terakhir tahun 2018. Mengapa Mitsubishi melakukan hal ini?

Lampu Mitsubishi Xpander
(Foto: MLDSPOT) Lampu Mitsubishi Xpander

Ternyata ini dilakukan karena MMKSI sudah membaca adanya keadaan pasar otomotif Indonesia jelang akhir tahun. Biasanya konsumen lebih memilih menahan diri untuk membeli mobil, dan akan mempertimbangkan membelinya pada tahun depan. Inilah yang dijadikan kesempatan bagi MMKSI untuk meningkatkan kembali produksi Xpander.

Dari tahun 2017 lalu sejak diperkenalkan pertama kali, dikatakan Xpander sudah dipesan sebanyak 115 ribu unit. MMKSI mencatat adanya potensi pembatalan inden yang mencapai 10-15 persen, paling banyak terjadi di bulan Juni tahun ini. Hal ini karena mengingat saat itu masih dalam masa mudik Lebaran.

Sumber: Detik.com (12/12/18)

Be the first to comment

Leave a Reply