BMW Seri 3 Terbaru Dikenalkan di Paris Motor Show, Ubahan yang Ditingkatkan


ktm indonesia

RiderTua Mobil – BMW mengenalkan Seri 3 generasi ke-7 pada pameran Paris Motor Show 2018. Dari awal, para pecinta otomotif penasaran dengan ubahan yang dibawa pada generasi ini. Kini semua terjawab setelah produsen mobil asal Jerman ini resmi memperkenalkannya kepada publik. BMW Seri 3 terbaru dikenalkan di Paris Motor Show, ubahan yang ditingkatkan.

Baca juga: Rahasia Kecanggihan Kabin Mobil BMW Terbaru
(Foto: MotorWorks BMW) BMW 3 series 330i

Platform dan Desain Baru

Bagi BMW, Seri 3 menjadi model yang paling penting karena menjadi raja segmen sedan mid-size premium selama 4 dekade berturut-turut. Seri 3 sudah dikenal dengan desain perpaduan sport dan kenyamanan yang ditawarkan. Sepertinya itu sudah menjadi ciri khas Seri 3 selama ini.

Namun pecinta Seri 3 kecewa setelah BMW meluncurkan seri F30. Seri tersebut tidak seempuk pendahulunya dan terasa ada yang kurang dari kesan sporty-nya. Untungnya BMW mendengar keluhan tersebut dan akan memperbaiki kekurangan tersebut pada generasi berikutnya.

Mengenai Seri 3 terbaru ini, mobil ini menggunakan platform baru yang dinamakan Cluster Architecture (CLAR). Dengan platform ini, maka akan muncul pengendaraan dinamis pada mobil. CLAR sudah dipakai terlebih dahulu oleh BMW Seri 7 G11, Seri 5 G30, Seri X, Z4, dan Toyota Supra.

bmw 3 series 2017
(Foto: driving.ca) bmw 3 series 2017

BMW Seri 3 terbaru mengalami pembesaran dimensi, yaitu 4.709 mm x 1.827 mm x 1.442 mm. Wheelbase juga ikut membesar menjadi 2.851 mm. Memang pembesaran dimensi ini akan berdampak pada berat dan performa mobil. Tetapi semua itu diatasi dengan platform CLAR dan Seri 3 masih memiliki aerodinamis yang baik.

Sebelum dirilis resmi, Seri 3 baru ini diuji coba oleh BMW. Bahkan pengetesannya tidak sembarangan karena harus mengujinya di berbagai lokasi. Mulai dari Death Valley di Nevada, Arjeplog di Swedia, Miramas di Prancis Selatan, sampai sirkuit Nurburgring di Jerman. Hal ini dilakukan untuk menguji seberapa tahan Seri 3 dalam menghadapi cuaca ekstrim yang dingin, panas, dan ketahanan melaju dalam kecepatan tinggi.

 

Be the first to comment

Leave a Reply