Hasil Uji Tabrak Renault Lodgy Ternyata Mengecewakan


ktm indonesia

(Foto: Car and Bike)

RiderTua Mobil – Lodgy merupakan mobil terbaru keluaran produsen asal Prancis Renault. Mobil berjenis MPV ini memang tak setenar mobil sejenisnya, seperti Avanza, Ertiga, Xpander, dan sebagainya. Walaupun sebenarnya mobil ini belum dijual di Indonesia karena tergolong masih baru. Kita kulik bagaimana dia punya sistem keamanan yang baik. Hasil uji tabrak Renault Lodgy ternyata mengecewakan.

Baca juga: Hasil Tes Tabrak Renault Kwid Ternyata Buruk, Kok Bisa?
(Foto: CarAndBike)

Tanpa Airbag

Lodgy sempat melakukan tes uji tabrak berstandar Global NCAP. Ternyata hasilnya sangat mengejutkan, dimana mobil ini tak lolos uji tabrak tersebut. Bagaimana bisa?

Ketika melakukan uji tabrak, Lodgy tidak mendapatkan bintang untuk kategori adult occupant protection (AOP) dari Global NCAP. Hal ini karena ternyata Lodgy tidak dilengkapi dengan airbag. Akibatnya saat mengalami tabrakan, kepala dan dada sang pengemudi bisa berbenturan langsung dengan setir.

Tetapi untuk kategori child occupant protector, Lodgy mendapat dua bintang. Ini karena pada kursi anak usia 3 tahun dilengkapi dengan sabuk pengaman dewasa yang bisa menahan gerakan maju ketika terjadi tabrakan. Untuk anak usia 18 bulan, dipasangi sabuk RWF yang bisa bekerja dengan baik untuk melindungi kepala dan dada anak.

(Foto: Team BHP)

Struktur Lodgy juga memberi hasil mengecewakan. Ini karena saat ditabrakan, terjadi deformasi pada pintu belakang dan daerah footwell pecah. Hasilnya mobil menjadi ringsek tak berbentuk.

Nissan mengakui kalau hasil uji tabrak Lodgy memang mengecewakan. Apalagi mereka pernah mengalami hal sulit saat melakukan hal yang sama pada Kwid. Mereka memutuskan untuk menerapkan fitur airbag untuk semua modelnya. Lodgy memang hanya dijual di India saja, belum ada rencana untuk menjualnya ke negara lain, termasuk Indonesia.

 

Be the first to comment

Leave a Reply