Daimler Dipimpin Orang Non-Jerman untuk Pertama Kalinya


ktm indonesia

Daimler EV

RiderTua Mobil – Daimler dikenal sebagai perusahaan otomotif ternama baik di Jerman maupun di seluruh dunia. Perusahaan ini juga yang mengubah wajah dunia otomotif modern dengan berbagai mobilnya. Mercedes-Benz menjadi salah satu merek mobil premium yang sangat terkenal. Dan kabarnya, Daimler dipimpin orang non-Jerman untuk pertama kalinya.

Baca juga: Mercedes-Benz akan Keluarkan Smart ForEase Tanpa Atap
CEO Daimler
(Foto: Handelsblatt Global)

Daimler Dipimpin Orang Non-Jerman untuk Pertama Kalinya

Namun muncul kabar terbaru yang mengatakan terjadi perubahan pimpinan Daimler. Dieter Zetsche akan mundur dari jabatan sebagai CEO Daimler dan berganti menjadi chairman mulai bulan Mei 2019 mendatang. Ola Kaellenius nantinya akan mengisi jabatan tersebut.

Ada yang unik dari pergantian pimpinan ini. Ola Kaellenius yang merupakan warga negara Swedia ini akan menjadi orang non-Jerman pertama yang memimpin Daimler. Selama beberapa tahun terakhir, Daimler selalu dipimpin oleh orang Jerman.

Lalu mengapa begitu? Daimler ternyata sengaja melakukannya untuk menyelesaikan skandal mobil diesel yang menimpa perusahaan ini. Bersama Volkswagen, mereka mendapat sanksi karena melakukan manipulasi data emisi diesel. Sehingga diharapkan Kaellenius mampu menyelesaikan masalah ini.

(Foto: Teslarati.com)CEO Daimler Dieter Zetsche

Selama 13 tahun menjabat, Zetsche mampu membuat reformasi perusahaan dan inovasi agar bisa menembus pasar global, serta menaikkan kembali popularitas Mercy setelah sempat mengalami krisis keuangan global. Salah satu caranya yaitu mempelopori kampanye modernisasi desain dan mengenalkan Mercy sebagai produk modern unggulan kepada kaum anak muda.

Sementara Kaellenius sendiri merupakan lulusan Stockholm School of Economics bidang keuangan dan akuntansi. Ia sendiri bergabung dengan Daimler pada tahun 1993, walau ia tak memiliki latar belakang teknik mesin. Kaellenius juga pernah menjadi Direktur Eksekutif Mclaren pada tahun 2001. Doi disebut sebagai eksekutif Daimler yang diakui, berpengalaman secara internasional dan sukses.

Be the first to comment

Leave a Reply