Canggih, Kawasaki Patenkan Cat Yang Bisa Perbaiki Sendiri Saat Tergores !

Hanya butuh waktu 10 hingga 20 menit yang diperlukan untuk memperbaiki goresan kecil pada suhu sekitar 26º dan 30º.



Kawasaki Patenkan Cat Yang Bisa Perbaiki Sendiri Saat Tergores , painting self-healing
RiderTua Motor –  Kawasaki patenkan cat yang bisa perbaiki sendiri saat tergores. Mungkin teknologi ini sudah pernah ada beberapa tahun yang lalu. Namun konsepnya ada perbedaan untuk Kawasaki. Pabrikan Sepeda Motor Jepang itu baru-baru ini telah mengumumkan produk terbaru mereka Ninja H2 2019 dengan beberapa fitur upgrade power 231 hp, filter udara baru, revisi ECU dan perangkat baru Brembo Stylema. Kali ini adalah “painting self-healing atau cat yang mampu melakukan penyembuhan diri.. Bagaimana cara kerjanya? Dan apa bedanya dengan teknologi serupa dari merk lain?

Kawasaki Patenkan Cat Yang Bisa Perbaiki Sendiri Saat Tergores, painting self-healing

Berikut prinsip kerja painting self-healing Kawasaki

Cat Kawasaki memiliki lapisan tambahan yang memiliki segmen mikroskopis yang menghasilkan efek pegas yang menyerap dampak kerusakan, sebelum kembali ke bentuk normalnya. Kondisi ini disebut “curling effect” yang bisa kita lihat di sebelah kanan dalam gambar diatas, berbeda dengan lapisan yang digunakan dalam cat konvensional. Dilanbsir paddock-gp.com (28/08/18)

painting self-healing

Lebih canggih, Beda dengan merk lain

Di dunia otomotif jenis penyembuhan diri cat (painting self-healing) memang sudah ada sejak lama diterapkan. Tetapi yang teknologi terdahulu prinsipnya berdasarkan reaksi kimia. Dan dapat memakan waktu berminggu-minggu untuk cat agar bisa kembali ke keadaan semula. Menurut paten Kawasaki, dalam beberapa kasus hanya butuh waktu 10 hingga 20 menit yang diperlukan untuk memperbaiki goresan kecil pada suhu sekitar 26º dan 30º.

Selain semua teknologi itu yang tidak kalah menarik adalah bahwa di bawah lapisan penyembuhan diri cat (painting self-healing) ini, ada lapisan perlindungan kedua yang lebih keras. Dimana tujuannya untuk menghindari goresan tertentu yang terlalu kuat untuk diperbaiki oleh teknologi inovatif ini.

Formulanya sepertinya sangat menarik untuk menghilangkan kalau hanya sekedar goresan karena gesekan jaket kita di tangki motor misalnya. Namun dengan inovasi terbaru Kawasaki ini juga mampu menghilangkan goresan lebih dalam (parah). Seperti misalnya goresan secara sengaja gunakan kunci motor oleh tangan jahil atau bahkan akibat jatuh … Keren nih.. kalau diterapkan pada motor kesayangan kita..

2 Comments

Leave a Reply