Perkasa di Malaysia, Proton Iriz Tak Sanggup ‘Bertarung’ Lagi Lawan Jazz dan Yaris


ktm indonesia

RiderTua Mobil – Di segmen hatchback, masyarakat Indonesia mungkin sudah banyak mengenal bintang di kelas ini. Siapa lagi kalau bukan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Keduanya saling bersaing agar tetap memberi yang terbaik bagi konsumen. Bagaimana dengan merek lain ? Proton Iriz Tak Sanggup ‘Bertarung’ Lagi Lawan Jazz dan Yaris

Baca juga: Kisah Kurang Beruntungnya Proton di Indonesia

Proton Iriz Tak Sanggup ‘Bertarung’ Lagi Lawan Jazz dan Yaris

Selain Jazz dan Yaris, sebenarnya ada lebih banyak lagi mobil hatchback yang dijual di Indonesia. Namun model-model tersebut tidak pernah tenar sehingga perlahan-lahan keberadaannya tersingkirkan oleh persaingan yang cukup ketat. Salah satu diantaranya yaitu Proton Iriz.

Jika mendengar tentang Proton, mungkin yang pertama kali terbayang yaitu MPV Exora. Memang Iriz tidak begitu terkenal seperti Exora. Walau segmen hatchback tidak seketat MPV, lalu mengapa penjualan Iriz tidak terlihat sama sekali?

Dari data penjualan Gaikindo, Iriz hanya bisa terjual 13 unit dari bulan Januari sampai Juli 2018. Angka tersebut terlampau jauh jika dibandingkan dengan Jazz yang mencapai 6.995 unit dan Yaris 6.433 unit. Karena penjualan yang terus menurun, entah apakah Iriz sanggup bertahan di pasar otomotif Indonesia.

Merek Proton memang perkasa di kampung halamannya, Malaysia. Tetapi keadaan sebaliknya terjadi di Indonesia. Proton tak bisa bersaing dengan produsen mobil asal Jepang maupun negara lain. Yup, Proton tak sanggup melawan dominasi produsen asal Jepang yang sudah lama ada di Indonesia. Penjualan Proton paling tinggi terjadi di tahun 2012, yaitu lebih dari 2 ribu unit. Di tahun-tahun setelahnya, penjualannya terus merosot. Entah apakah Proton tetap bertahan di Indonesia. Saat ini pemerintah Malaysia tengah fokus untuk membangkitkan kembali mobil nasional di Negeri Jiran tersebut.

 

Be the first to comment

Leave a Reply