Jangan Konyol Lakukan Kiki Challenge, Bahaya dan Bisa Dipenjara



(Foto: Waspada Online)

RiderTua Mobil – Akhir-akhir ini kita kembali dihebohkan dengan sebuah challenge-challenge-an yang lagi ngehit saat ini. In My Feeling Challenge atau akrab disebut Kiki Challenge lagi menjalar di penjuru dunia. Mulai dari artis hingga rakyat biasa heboh melakukan tantangan yang kini jadi viral ini. Jangan konyol lakukan Kiki Challenge, bahaya dan bisa dipenjara.

Baca Juga : Video Ice Bucket Challenge Valentino Rossi …Lucu Banget… !!

Bahaya !!!

Tantangan joget-joget syantik yang diiringi lagu dari penyanyi Drake dengan judul In My Feelings dan aksi ngedance itu dilakukan di luar mobil yang direkam saat mobil sedang melaju. Ada yang menganggap tantangan ini sebagai bahan lucu-lucuan apalagi kalo yang ngedance itu terjatuh atau membentur sesuatu pasti tertawanya ngakak sampai terpingkal-pingkal deh !

Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan

“Secara prinsip, alat, kendaraan, atau mesin yang hidup, operator atau pengendaranya harus berada di belakang setir. Lah ini boro-boro di belakang setir, sudah mesin nyala mobilnya jalan lagi. Meskipun penumpangnya yang turun dan berjoget tetap sama bahayanya. Pengemudinya merekam lagi, kalau dari segi safety buat saya itu aksi yang tidak perlu dilakukan. Kadang sesuatu yang viral itu tidak pada tempatnya”

Brigjen Pol. Mohammad Iqbal selaku Kadiv Humas Biro Penerangan Masyarakat menghimbau

“Jangankan buka pintu mobil lalu joget. Pakai ponsel saat berkendara saja dilarang. Hal ini melanggar UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan (LLAJ). Bisa dikenakan pasal 283 jo Pasal 106 ayat 1 dengan denda maksimal Rp 750 ribu atau kurungan 3 bulan”

Bukankah saat berada di tempat umum dalam hal ini di jalan, seorang pengendara tidak hanya bertanggung jawab terhadap keselamatan diri tapi juga pengguna jalan lain. Kata Pak Iqbal enggak ada untungnya kalau mau joget di tempat yang semestinya. Jangan gara-gara itu yang lain bisa tabrakan bisa kecelakaan. Jadilah pengguna jalan yang santun. Pelakunya akan ditindak tegas !

Be the first to comment

Leave a Reply