Mulai 2019 Plat Nomor Kendaraan Pribadi Diubah Jadi Putih

(Foto: Berkabar.ID)

RiderTua mobil – Polri sebelumnya sudah merencanakan untuk mengganti warna plat nomor menjadi putih, dari yang semula warna hitam. Ini tentu dilakukan agar plat tersebut bisa terlihat dengan jelas lewat kamera CCTV. Tetapi perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk bisa mengimplementasikannya. Mulai 2019 plat nomor kendaraan pribadi diubah jadi putih.

Baca juga: Para Produsen Mobil Angkat Bicara Tentang Pergantian Warna Plat Nomor

Butuh Pengembangan Lebih Lanjut

Ketika sistem tilang lewat CCTV diberlakukan, kepolisian terkadang tak bisa melihat plat nomor dengan jelas karena warnanya yang hitam. Lalu ada ide untuk mengubah warna plat menjadi putih, seperti di luar negeri. Dengan begitu plat nomor bisa terlihat jelas lewat kamera pengintai.

Sebenarnya rencana penggantian warna ini memang sudah diumumkan sejak lama. Namun Polri masih harus menyiapkan segalanya baik secara teknis maupun non-teknis. Ini karena penerapan ini harus dilakukan secara menyeluruh di wilayah Indonesia.

Sementara itu, melihat perkembangan dari rencana ini, Polri sudah sampai pada tahap revisi aturan sampai melakukan diskusi dengan pihak yang berkepentingan. Dari diskusi tersebut Polri akan menerima masukan dari mereka yang hadir. Selanjutnya Polri akan melakukan sosialisasi ke masyarakat luas agar bisa menyesuaikan dengan aturan terbaru tersebut.

Di Indonesia, ada tiga warna yang digunakan pada plat nomor, yaitu hitam untuk kendaraan pribadi, kuning untuk angkutan umum, dan merah untuk kendaraan dinas pemerintah. Sementara warna putih untuk kendaraan diplomat. Inilah yang harus dipertimbangkan oleh Polri agar nantinya tidak membingungkan pengguna jalan.

Be the first to comment

Leave a Reply