Aston Martin Membuat Mobil Terbang Tanpa Roda



(Foto; Car Magazine)

RiderTua mobil – Mungkin ada yang masih ingat dengan prediksi orang zaman dulu mengenai masa depan. Salah satu gambaran tersebut yaitu mobil terbang. Memang terdengar aneh, tetapi Aston Martin ingin mewujudkannya di dunia nyata. Aston Martin membuat mobil terbang tanpa roda.

Baca juga: Valkyrie AMR Pro dan Lagonda Vision Jadi Andalan Aston Martin
(Foto: Press From)

Mobil ‘Pesawat Tanpa Roda’

Mobil terbang konsep tersebut dinamai ‘Volante Vision Concept’. Volante dikembangkan oleh Aston Martin bersama dengan Cranfield University, Cranfield Aerospace Solutions, dan Rolls-Royce yang sama-sama produsen mobil mewah. Sepertinya Aston Martin tidak main-main dalam mewujudkan mobil terbang.

Volante Vision Concept disebut sebagai ‘mobil’ pesawat pribadi super mewah. Sebenarnya jika dilihat, Volante lebih mirip pesawat daripada mobil. Desainnya mengingatkan pada mobil super seperti DB11, Vantage, DBS Superleggera, dan Valkyrie. Karena tak ada roda, maka saat mendarat atau lepas landas harus secara vertikal. ‘Mobil’ ini hanya muat 3 orang dan sudah dilengkapi dengan teknologi otonom dan listrik.

Aston Martin berinisiatif untuk membuat mobil listrik karena populasi penduduk yang terus meningkat di daerah perkotaan. Artinya macet akan terus menjadi momok menakutkan di jalan dan itu akan merepotkan pengemudi mobil. Sehingga Volante cocok dikendarai di daerah perkotaan, sekaligus bagi mereka yang sudah muak dengan kemacetan.

Andy Palmer selaku CEO Aston Martin mengatakan

“Dengan populasi yang terus bertambah di kawasan urban, kemacetan takkan terelakkan lagi. Kita harus melihat alternatif untuk mengurangi kemacetan, polusi dan memperbaiki mobilitas. Perjalanan udara akan menjadi bagian yang penting dari transpotasi masa depan”

Namun Aston Martin perlu melakukan lebih banyak pengembangan agar bisa menjadi model yang aman untuk diproduksi secara massal. Lagipula mereka perlu mempertimbangkan untuk menyesuaikan mobil terbangnya dengan keadaan kota. Kalau banyak gedung-gedung tinggi maka sang pilot harus lebih hati-hati.

Be the first to comment

Leave a Reply