KIA Bagaimanakah Kabarmu ?



Kia-Niro-EV
(Foto: Carvaganza.com) Kia-Niro-EV

RiderTua mobil – Tahu tidak kalau Kia masih ada lo di Indonesia. Kenapa sampai berkata begitu ?Produsen mobil asal Korea Selatan ini seolah-olah tenggelam oleh banyaknya mobil baru yang berdatangan. Sayang akhir-akhir ini Kia jarang mengeluarkan produk baru untuk menggelontor pasar, sehingga mulai tertinggal dari produsen lainnya. KIA bagaimanakah kabarmu ?

Baca juga: Perjuangan Kia Hadapi Kerasnya Persaingan di Indonesia

Bernasib Seperti Ford?

Dari data catatan penjualan mobil Kia yang dihimpun gaikindo, selama tiga bulan terakhir KIA tak mencatatkan penjualan alias nol. Tetapi sebenarnya ada satu hal yang membuat penjualan Kia tak tercatat selama tiga bulan terakhir. Tanpa alasan mereka belum menyerahkan data tersebut kepada Gaikindo. Padahal itu sudah menjadi kewajiban bagi setiap produsen mobil yang menetap di Indonesia untuk melaporkan hasil penjualannya tiap bulan ke asosiasi itu.

Tapi nama KIA seolah luput dari pandangan akhir-akhir ini. Apakah konsumen Indonesia mulai melupakan Kia atau tergiur oleh mobil lainnya yang lebih menarik ?Mengingat kita sangat jarang menjumpai KIA dengan model terbaru dijalanan. Selama hampir 6 bulan di tahun 2018, KIA hanya mengeluarkan satu mobil baru yaitu KIA Niro yang diluncurkan di Korea Selatan beberapa bulan lalu.

Meskipun begitu, Kia mengaku kalau pengiriman unit ke dealer masih terus dilakukan untuk menjaga stoknya. Pihak KIA Indonesia mengatakan jika semua berjalan seperti biasa tak ada masalah. Konsumen lama Kia juga masih banyak yang melakukan servis pada mobilnya di bengkel resmi.

Semakin lama, dominasi produsen mobil Jepang semakin kuat. Dampaknya sangat terasa oleh produsen asal Eropa, Amerika, dan Negara Asia lainnya termasuk Korea Selatan. Kalau kondisi seperti ini terus, ditakutkan produsen KIA akan berakhir seperti Ford yang sudah pergi duluan dari Indonesia. Namun dikabarkan pula bahwa Ford akan kembali lagi ke Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply