Kroasia Ternyata Punya Hypercar Listrik Super Kencang Keren



rimac-c-two-electric-hypercar
(Foto: New Atlas) rimac-c-two-electric-hypercar

RiderTua mobil – Kroasia memang kalah dan harus puas menjadi juara dua di Piala Dunia 2018 setelah ditekuk Prancis. Sebuah performa yang sangat bagus sehingga berhasil sampai ke final. Tetapi ada hal lain yang membuat negara ini unggul selain sepak bola. Kroasia ternyata punya hypercar listrik super kencang keren.

Baca juga: Inilah Versi Komersial Hypercar Aston Martin Valkyrie, Belum Dibuat Sudah Habis Dipesan!

Ungguli Hypercar Konvensional?

Mungkin banyak yang belum mengenal Kroasia karena tidak terlalu tenar seperti negara Eropa lainnya. Namun dunia otomotif pernah dihebohkan oleh kehadiran hypercar listrik dengan nama ‘Concept One’. Mobil ini merupakan rancangan dari Mate Rimac, yang ternyata seorang pemuda masih berusia 23 tahun!

Di usianya yang masih muda, Rimac ternyata berani mendirikan perusahaan Rimac Automobili pada tahun 2009. Saat itu Doi pun langsung tertarik untuk mengembangkan mobil listrik, yang kemudian dikenal sebagai Concept One. Tenaga dan torsi yang dihasilkan yaitu 1.224 hp dan 1.600 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dilibas hanya 2,5 detik dengan kecepatan maksimal 355 km/jam dan jarak tempuh 350 km.

Tujuh tahun kemudian, Rimac dan perusahaannya kembali dengan membawa hypercar lagi, yaitu Rimac C-Two. Jika dibandingkan dengan Concept One, C-Two mampu mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 1,8 detik dan 300 km/jam dalam waktu 11,8 detik. Bahkan kecepatan maksimumnya naik menjadi 412 km/jam.

Melihat angkanya saja sudah membuat orang geleng-geleng kepala karena tak bisa membayangkan bagaimana kencangnya mobil ini melaju. Meski sebuah mobil listrik tapi kecepatan yang dihasilkan mampu menyaingi hypercar bermesin konvensional (BBM).

Tak hanya soal kecepatan, C-Two memiliki fitur yang sudah sangat canggih. Seperti fitur otonom level 4 yang bisa membuat mobil dikendalikan AI secara sepenuhnya. Lalu ada 8 kamera, 6 radar, dan 12 sensor ultrasonik sebagai pembaca jalan. Modelnya saja sudah terlihat keren.

Hasil kerja keras Rimac ternyata berbuah manis. Produsen supercar Porsche tertarik membeli sahamnya untuk bekerjasama mengembangkan mobil listrik. Rencananya C-Two akan diproduksi sebanyak 150 unit dan harganya belum dikonfirmasi. Ada yang tertarik menjajal hypercar ini?

Be the first to comment

Leave a Reply