Tata Motors Suntik Mati Nano, Ada Apa?



tata nano
(Foto: OTOmart.id) tata nano

RiderTua mobil – Tata Motors, pabrikan asal India ini terkenal dengan pick-upnya yang lumayan sering kita lihat di jalanan. Namun tahukah anda jika Tata juga memproduksi sebuah mobil yang diklaim sebagai mobil termurah di dunia ? Tata Nano. Namun sayang Tata Motors suntik mati Nano, kenapa ?

Baca juga: Tata Nano Meng-Invasi Indonesia… Sepeda Motor terancam..!!!

Hanya Diproduksi Kalau Ada Inden

Namun kabar buruk datang dari mobil mungil ini. Tata Motors memutuskan untuk menyetop produksi Nano alias disuntik mati. Alasannya tidak lain yaitu penjualan yang terus menurun sehingga memaksa Tata untuk melakukan hal ini.

Nano memang tidak diproduksi secara besar-besaran seperti mobil pada umumnya. Mobil mini ini hanya dibuat jika ada inden atau permintaan yang masuk layaknya mobil mewah. Namun sayang antusias konsumen tidak terlalu tinggi, bahkan pada bulan Juni lalu Nano hanya terjual satu unit saja. Hal ini berbanding jauh dari bulan Juni 2017 yang mana penjualannya sampai 275 unit.

Tata Nano dipatok Rs 225.162 atau sekitar Rp 46,16 juta. Memang harga yang jauh lebih murah daripada mobil-mobil merek lain yang harga termurahnya bisa tembus Rp 100 juta bahkan lebih. Selain itu Nano juga dilengkapi gearbox AMT. Siapa sih yang tidak tertarik membeli mobil semurah ini?

Memang sayang kalau Tata harus menyuntik mati Nano karena penjualan yang nge-drop. Nano menjadi mobil ikonik yang melambangkan semangat inovasi dari produsen mobil asal India ini. Tetapi karena tidak tahan atas kerasnya persaingan dari mobil merek lainnya, membuat Tata Motors tidak punya pilihan lain selain harus menghentikan produksinya.

Meski Nano sudah disuntik mati, namun Tata Motors berencana akan membuat Nano baru bertenaga listrik. Kita tunggu seperti apa Nano listrik ini.



Be the first to comment

Leave a Reply