Data Penjualan Kendaraan Tidak Boleh di Publikasikan ? Trus Aku Kudu Piye..?



booth ahm iims 2018
(Foto: Honda Community) booth ahm iims 2018

Data penjualan kendaraan tidak boleh di publikasikan ?. Adalah Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU) yang meminta agar para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif, untuk tak menyerahkan data ke asosiasi. Karena menurut mereka tindakan ini dianggap salah. Jika melihat kejadian ini pastinya para blogger tidak akan bisa lagi paparkan data penjualan kendaraan termasuk sepeda motor ke pembaca dong.. Pasti hilang sumber berita yang paling panas ini.. 

pameran mobil

Setelah mendapat teguran tersebut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), Johannes Nangoi, menyatakan bahwa apa yang dilakukan saat ini sudah sesuai dengan instruksi pemerintah.

Dimana Gaikindo posisinya saat ini sebagai pengumpul data penjualan. Karena sudah sesuai aturan maka tidak ada masalah,

 “Iya tentu saja ada dasar hukumnya, kalau tidak ada dasar hukumnya saya tidak berani melakukannya. Semua ada dasar hukumnya, harusnya kalau mereka berbicara seperti itu jangan hanya menghimbau. Coba saja jika seperti ini, hanya diimbau, jangan begitu jangan begini, tapi jika peraturan pemerintahnya tertulis seperti itu bagaimana?,” kata Johannes Nangoi seperti dilansir media  Kompas.com (10/07/18).

booth ahm iims 2018

Sebelumnya kita mendengar berita perdebatan antara Gaikindo dengan Mercedes Benz, soal penyerahan data.  Yang kemudian berujung pada dikeluarkannya pabrikan asal Jerman itu dari keanggotaan.
Jika data penjualan asosiasi mobil ini dilarang ( nantinya) demikian juga dengan data penjualan roda dua dong ( AISI).. Trus aku nulis opo ?



5 Comments

  1. Bukannya selama ini yg dipublish itu data distribusi (belum tentu laku/terjual) klo data yg terjual jelas pabrikan ga akan beneran publish laaah…(imho)

Leave a Reply