Nasib Jorge Lorenzo Tahun Depan, Honda Motor Terbaik atau Rider Terbaik ?


ktm indonesia


RiderTua MotoGP – Tidak hanya di negara kita yang melihat fenomena performa Honda di MotoGP. Yang Terbaik itu Motor Honda atau pembalapnya..?. Secara rerata memang keduanya baik namun jika melihat berbagai pendapat forum dan kolom komentar kita akan melihat bahwa faktor pembalap yang berpengaruh.. Dan seperti biasa menjadi perdebatan.. Bagaimana Nasib Jorge Lorenzo tahun depan, Honda Motor terbaik atau rider terbaik ?

Bagaimana Honda Tanpa Marquez ?

Mungkin secara data dan fakta coba kita bayangkan saja seandainya Marc tidak ada. Dengan pembalap Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow. Kira kira berada di peringkat berapa sekarang tim Honda.. ? Dengan asumsi kedua pembalap adalah memakai motor spek resmi pabrikan sama dengan Marc Marquez pakai.

Nasib Jorge Lorenzo di Honda

Tahun depan akan kita lihat sepak terjang Jorge Lorenzo di Honda. Memang diakui Lorenzo bukan rider sembarangan. Dia adalah juara dunia, namun tanpa motor yang sudah di support dan di rombak total oleh Ducati dia tidak bisa seperti sekarang ini. Tetap saja semua pembalap butuh adaptasi.. Di Ducati saja setidaknya Lorenzo butuh 1,5 tahun.. Namun di Honda dia perlu waspada.. Filosofi Ducati dan Honda pastinya berbeda.
Bahkan mantan rider Ducati yang sekarang di Honda (Cal Crutchow) berkata Honda RCV adalah motor tersulit di grid MotoGP. Nah loh.. Cal Crutclow  sudah 4 tahun di Honda saja performanya “Adem-Adem” saja ( peringkat terbaiknya di pos-7 dunia).. Kenapa? Development atau pengembangan motor pastinya akan tersedot ke Marc Marquez. Honda lebih condong ke Marc karena dia lebih liar dan lebih mampu “memaksa” cocok dengan karakter Honda.

Berbeda dengan filososfi Ducati yang lebih mengedepankan motor yang dibuat agar “ramah” dengan semua pembalap. Sehingga nasib Jorge Lorenzo juga masih dipertanyakan tahun depan.. Ducati tidak sama dengan Honda walau bertipe mesin sama.. Bahkan mesin Ducati satelit saja bisa bersaing dengan tim pabrikan( Jack Miller hampir podium)… Dan sepertinya mesin satelit Honda lebih susah.

Faktor Mental Jorge Lorenzo

Kita lihat saja tahun depan karena Lorenzo adalah tipe pembalap yang butuh dukungan mental saat terpuruk seperti saat di Yamaha ( baca disini). Sehingga dengan pengalaman “mental” di Ducati akan mampu membangun percaya dirinya .. Walau faktanya motor RCV itu Marquezentris… !
Jadi kita tunggu saja jawaban dari dua pertanyaan ini (1) Nasib Jorge Lorenzo tahun depan, dan (2) Honda motor terbaik atau ridernya yang terbaik ?

1 Comment

  1. rider terbaik hingga seri assen 2018: marquez (klasemen pebalap)
    motor terbaik hingga seri assen 2018: honda (klasemen konstruktor)

Leave a Reply