Alasan Mobil Rp 200 Jutaan Paling Diminati Konsumen Indonesia



deretan low mpv

RiderTua mobil – Bicara mengenai penjualan mobil di Indonesia, tiap tahunnya mengalami peningkatan. Walau sempat terjadi adanya penurunan, tetapi tidak terlalu signifikan. Artinya ini tidak memberi pengaruh besar terhadap penjualannya. Dan mobil yang banyak dicari konsumen di Indonesia adalah mobil dengan rentang harga sekitar Rp 200 juta. Alasan mobil Rp 200 jutaan paling diminati konsumen Indonesia.

Baca juga: Mobil Murah Ini Tak Laku di Indonesia

Harga Boleh Murah, Tapi…

Mobil yang paling laris yaitu mobil berjenis MPV. Sebut saja Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio, Innova, dan sebagainya merupakan mobil yang selalu ada dalam daftar pembelian mobil oleh konsumen. Memang karena sebagian besar mobil tersebut memiliki banderol harga sekitar Rp 200 juta atau lebih.

Tak hanya MPV, segmen LCGC juga ikut mendominasi karena semua mobilnya berada di kisaran Rp 200 juta. Sehingga penjualannya lebih baik daripada MPV. Contohnya saja seperti yang terjadi pada Daihatsu Sigra, penjualannya sudah menyalip saudaranya Xenia. Namun kembarannya Calya masih belum bisa menyalip Avanza, walau sempat menyalip di bulan Agustus 2016 lalu. Mengapa begitu?

Ini karena daya beli masyarakat Indonesia. Saat menentukan akan membeli mobil rata-rata memilih yang harganya Rp 200 jutaan karena kemampuan secara finansialnya emang segitu. Lagipula namanya LCGC (Low Cost Green car) pasti lebih hemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan daripada mobil jenis lainnya. Tapi kalau standart Euro IV diterapkan, mungkinkah LCGC bisa memenuhi standar emisi Euro IV suatu saat nanti?

Meskipun LCGC menang dalam hal harga mobilnya yang murah, tetapi MPV masih difavoritkan konsumen Indonesia. Karena mobil jenis ini sejalan dengan ‘tradisi’ masyarakat yang suka bepergian beramai-ramai.

Be the first to comment

Leave a Reply