Mengapa Mobil 7-Seater Paling Laris di Indonesia?


ktm indonesia

(Foto; Carusermagz.com)

RiderTua mobil – Mobil memiliki berbagai jenis yang berbeda, mulai dari tipe sampai jumlah tempat duduknya. Ataupun penggunaan khusus yang sudah disesuaikan. Meski ada banyak jenis dan pilihannya, di Indonesia mobil 7-seater baik itu dari segmen SUV atau MPV paling banyak dicari. Mengapa mobil 7-seater paling laris di Indonesia ?

Baca juga: Mazda CX-8 Siap Saingi Honda CR-V 7 Seater. Biyuh !

Paling Diandalkan Saat Berpergian 

Sejak dulu segmen MPV masih difavoritkan konsumen Indonesia. Berbagai model yang dijual juga banyak sehingga tinggal dipilih saja. Seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Innova, Confero, Xpander, dan masih banyak lagi. Tapi mengapa konsumen lebih memilih MPV sedangkan masih ada SUV dan LCGC?

Ini berkaitan dengan ‘tradisi’ masyarakat Indonesia yang suka berpergian ramai-ramai, atau istilah lainnya yaitu ‘mangan ora mangan asal ngumpul (makan tidak makan asal bisa berkumpul)’. MPV memiliki kemampuan dalam mengangkut banyak orang dan penumpang. Ini bisa terlihat saat mudik Lebaran kemarin, sebagian besar mobil MPV memiliki banyak muatan dan orang didalamnya. Lagipula MPV juga paling sering diandalkan untuk berbagai macam keperluan.

Ini jelas berbeda dengan di luar negeri. Malaysia misalnya, disana mobil keluarga kecil paling sering terlihat di jalanan. Segmen terlaris di Negeri Jiran seperti city car atau hatchback (bisa juga LCGC). Di Jepang, mobil mini alias kei car yang laris, mengingat adanya keterbatasan lahan parkir disana.

Karena segmen MPV paling laris, maka SUV yang dulunya memiliki 5-seater atau dua baris bangku perlahan berubah ikutan latah menjadi 7-seater. Seperti duo Rush-Terios yang juga memiliki tiga baris bangku. Ada juga Fortuner, Pajero and the genk yang juga punya 7-seater.

Be the first to comment

Leave a Reply