Wanita Arab Saudi Sekarang Sudah Bisa Nyetir Sendiri


ktm indonesia

(Foto: Motor1.com)

RiderTua Mobil – Hari ini wanita di Arab Saudi boleh berbangga karena kini mereka bisa menyetir mobil seorang diri dan juga berhak memiliki SIM. Tentu tidak hanya para kaum hawa saja yang menyambutnya dengan suka cita, tetapi juga produsen mobil. Salah satunya yaitu Audi. Wanita Arab Saudi sekarang sudah bisa nyetir sendiri.

Baca juga: Tak Hanya Mobil, Wanita Arab Saudi Boleh Tunggangi Motor dan Nyetir Truk

Pengendara di Jalan Makin Banyak

Untuk itulah mereka membuat video berdurasi 75 detik. Di video tersebut terlihat pasangan muda Arab yang hendak berpergian. Suami membukakan pintu rumah untuk istrinya, namun ketika sudah sampai di depan mobil gantian sang istri yang membukakan pintu mobil untuk suaminya dan kemudian menyetir.

Memang kelihatannya romantis banget. Namun ada makna dibalik adegan tersebut. Itu merupakan salah satu elemen ‘membuka pintu’ dari Audi sebagai metafora bagi kaum wanita. Tentu saja mobil tidak hanya digunakan untuk pria saja, tetapi wanita boleh menyetir. Audi bersama produsen lainnya akan selalu terbuka bagi kaum wanita Arab Saudi.

Sebelum aturan ini berlaku, wanita Arab Saudi tak bisa bebas menyetir sendiri. Karena jika ketahuan maka bisa ditangkap dan dipenjarakan, atau kemungkinan terburuk mereka bisa kehilangan pekerjaan mereka. Jadi jika ingin bepergian maka harus ditemani suami atau anggota keluarga pria. Kini pemerintah setempat sudah membebaskan kaum wanita untuk mengendarai mobil, tentu dengan SIM khusus wanita.

Be the first to comment

Leave a Reply