Upaya Trump Lindungi Mobil Buatan Negaranya



(Foto: BenzInsider.com)

RiderTua mobil – Presiden Amerika Serikat Donald Trump identik dengan beberapa aturan yang terkadang kontroversial. Salah satunya untuk masalah dunia perotomotifan. Beberapa waktu yang lalu Trump mengeluarkan kebijakan yaitu pemberian tarif pajak lebih tinggi untuk produsen otomotif internasional (merek dari luar Amerika) yang menjual mobilnya di AS. Akibatnya tak sedikit yang tidak menyetujui keputusan tersebut. Upaya Trump lindungi mobil buatan negaranya.

Baca juga: Presiden Trump Larang Mobil Asal Jerman Dijual di Amerika

Dianggap Kontroversial?

Hyundai merupakan salah satu produsen mobil yang merasa keberatan dengan aturan tersebut. Petingginya bahkan sudah bertemu dengan Trump untuk meminta keringanan. Sayangnya Trump masih ngotot dengan keputusannya ini dan seperti tak mau tahu akan nasib produsen lainnya untuk ke depannya.

Padahal setengah dari penjualan mobil Hyundai berasal dari Negeri Paman Sam. Memang tak hanya produsen mobil asal Korea Selatan ini, tetapi juga hampir semua produsen mobil lainnya. Yang ditakutkan kalau mobil impor dipatok pajak hingga 25 persen, maka penjualannya bisa nge-drop karena harga jualnya akan menjadi sangat mahal jika dijual di Amerika. Sehingga aturan tersebut menjadi momok bagi produsen otomotif internasional.

Selama ini impor kendaraan penumpang di AS naik 32 persen atau tepatnya menjadi 48 persen selama dua dekade terakhir. Sementara pekerja yang memproduksi kendaraan di AS hanya 22 persen lebih sedikit dibanding tahun 1990.

Artinya tingkat impor di Amerika memang lumayan tinggi. Trump khawatir kalau tingkat konsumerisme negara yang tinggi akan mengancam kelangsungan produsen otomotif Amerika Serikat. Oleh sebab itulah Trump memberlakukan pajak tinggi untuk melindungi produk buatan negaranya sendiri.



Be the first to comment

Leave a Reply