Produksi Honda CBR250 Dikurangi dan Jajaki Ekspor Langsung



Honda CBR250RR
PT Astra Honda Motor (AHM) untuk tahun ini akan mengurangi jumlah produksi Honda CBR250RR. Dan infonya mencapai separuhnya. Hal ini dilakukan karena penjualan dalam negeri kurang bergairah. Hal ini juga dialami kompetitornya dimana angka-angka penjualannya menunjukkan penurunan atau cenderung tidak adanya peningkatan. Produksi Honda CBR250 Dikurangi dan Jajaki Ekspor Langsung

All New CBR250RR Special Edition
All New CBR250RR Special Edition

Pangkas produksi 50%

Menurut David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM penurunan kapasitas produksi sudah dilakukan awal tahun 2018.

“Kami itu mengeset (jumlah produksi) di sekitar 80-an unit per harinya, setting kami segitu, tapi kapasitasnya yang itu separuhnya, awal tahun ini ,” kata David

Data Sales Jan-April 2018 (unit)

CBR250RR Vs Ninja 250 2018
CBR250RR Vs Ninja 250 2018

Mencoba di Eksport

Jika di dalam negeri kurang seksi kenapa tidak mencoba dipasarkan ke luar negeri?. Selama ini memang produk CBR250RR ini baru diekspor secara terurai ( CKD) ke Jepang saja. Dan jumlah pada 2017 mencapai 6.000 unit. Jadi CBR250RR itu dikirim ke Jepang belum jadi motor, dirakit di sana kemudian dari Jepang baru jual keseluruh dunia. Kini Honda AHM tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk eksport langsung ke negara tujuan, dengan spesifikasi negara tujuan seperti penyesuaian standar emisi .

“Buat sepeda motor itu ada emisi segala macem, jika ke Eropa misalnya yang sudah Euro 4. Bukannya kami tidak bisa buat, tetapi kalau kalau skala ekonominya kecil, investasinya kegedean. Kami sedang studi, ASEAN dulu ya, Malaysia misalnya. Soal kapannya tergantung mereka, untuk tahun ini nampaknya tidak, tahun depan(2019) iya” kata David.

 

3 Comments

  1. Layu sebelum berkembang. Masuk ke segmen Sport Fairing 250cc disaat market mulai jenuh dan juga ada shifting delman. Udah sono gih segera masukin ato buat sendiri Forza 300/250.

Leave a Reply