Toyota Calya Ternyata Pernah Salip Penjualan Avanza



RiderTua Mobil – Dari hasil penjualan mobil pada bulan April 2018 yang dirilis oleh Gaikindo, lagi-lagi Xpander masih bertahan di posisi puncak. Sementara Avanza berada di peringkat kedua. Tetapi sebenarnya ini bukan pertama kalinya Avanza disalip oleh mobil lain. Toyota Calya ternyata pernah salip penjualan Avanza.

Baca juga: Avanza Sengaja ‘Ditahan’ Toyota untuk Lebih Fokus ke Rush

Pernah Disalip ‘Saudaranya Sendiri’

Jika melihat kembali catatan penjualan pada tahun 2016, Calya bersama kembarannya Sigra pernah menjadi mobil terlaris. Pada bulan Agustus 2016, Calya terjual hingga 9.241 unit dan Avanza hanya 9.123 unit. Selisihnya cukup tipis, tetapi dengan itu Calya bisa mengungguli saudaranya sendiri.

Setelah hampir dua tahun berlalu, popularitas Xpander berhasil membawanya ke posisi puncak baik di segmen LMPV maupun pasar otomotif Indonesia. Tetapi tak seperti Calya yang hanya bertahan sebulan saja, Xpander mampu menjadi nomor satu selama empat bulan berturut-turut. Memang ini mengejutkan kalau ada LMPV yang dapat mengungguli Avanza yang sudah menjadi raja LMPV selama beberapa tahun.

Avanza pertama kali datang pada tahun 2003 dan sejak saat itu, tak ada model lain yang mampu menandinginya. Sejak kedatangan Xpander tahta Avanza pun direbut. Namun pertanyaan berikutnya adalah mampu bertahan berapa lamakah Xpander menjadi Raja di dunia otomotif Indonesia ?Mampukah hingga bertahun-tahun seperti Avanza ?

Dengan adanya Xpander, Avanza tak akan tinggal diam begitu saja kehilangan gelarnya sebagai raja LMPV Indonesia. Bisa saja Avanza akan kembali merebut posisi puncak dari Xpander suatu saat nanti. Jika hal itu benar terjadi, maka persaingan segmen LMPV akan semakin seru.



Be the first to comment

Leave a Reply