Selamat Tinggal Wajah Buruk MotoGP


RiderTua MotoGP – Pada hari Sabtu tanggal 5 mei 2018 di sirkuit Jerez MSMA (Asosiasi Produsen Sepeda Motor sport) mengajukan memberikan rancangan untuk disetujui oleh Komisi Grand Prix dengan tujuan untuk melarang aerodinamis khusus MotoGP mulai akhir musim ini. itu artinya ketika tes pra musim  2019 yang akan berlangsung dua hari setelah Grand Prix Valencia( seri pamungkas). Untuk kelas MotoGP kemungkinan besar akan memakai bodywork konvensional( lebih ganteng), tanpa sayap, sayap tersembunyi atau perangkat aerodinamis lainnya. Selamat tinggal wajah buruk MotoGP.

Ducati GP15 VS Honda RC213V VS Yamaha YZR-M1

Yamaha YZR500

Ducati tidak senang

Dulu banyak penikmat balap menyayangkan penggunaan sayap yang berdampak buruk terhadap estetika atau keindahan bentuk motor balap. Namun ternyata alasan utama di balik keputusan itu adalah masalah biaya. Dan yang mengejutkan bahwa MSMA dapat mencapai kesepakatan, karena kelompok tersebut menuntut keputusan yang bulat pada peraturan/ pelarangan tersebut. Sebagian besar pabrikan senang pelarangan aero, tetapi tidak demikian dengan Ducati, jadi proses tarik ulur tetap harus dilakukan.

“Para produsen mendatangi kami dan berkata, sekarang seperti perang, kami ingin mengendalikan biaya. Mereka bertemu di Qatar, Argentina, dan Texas dan sekarang telah menyerahkan proposal mereka untuk 2019. Ini tidak dikonfirmasi tetapi mereka ingin kembali ke desain yang lebih tradisional. Kalimat yang paling penting adalah bahwa mereka menginginkan fairing dengan satu lapisan, sehingga kita tidak dapat memiliki saluran udara tambahan, kotak, atau tambahan apa pun,”kata direktur teknis MotoGP Danny Aldridge.

Walau hal ini baru diputuskan setelah seri Spanyol kemarin, namun sejatinya hal ini sudah dibahas awal tahun ini seperti dilansir crash.net 6 Feb 2018..

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*