Ducati Panigale V4 Recall, Inikah Penyebab Kebakaran Itu ?



All New Ducati Panigale V4 MY 2018
All New Ducati Panigale V4 MY 2018

RiderTua Motor –  Namanya juga buatan manusia tidak ada yang sempurna. Recall adalah tindakan lanjutan untuk mengatasi masalah dalam sebuah produksi. Di beberapa negara Recall kadang menjadi sebuah alergi. Padahal ini adalah sebuah bentuk solusi yang paling bergengsi… Ducati Panigale V4 justru di recall karena dua masalah pada motornya… Padahal ini motor dengan rentang harga 300 juta hingga 600 jutaan… Baiyuh.. Ducati Panigale V4 Recall, inikah penyebab kebakaran itu ?

All New Ducati Panigale V4 MY 2018- Special
All New Ducati Panigale V4 MY 2018- Special

692 unit Panigale V4 terdampak

Temuan masalah ini memang sering terjadi di Amerika dan kali ini dialami oleh varian paling anyar dari pabrikan Italia, Ducati. Bahkan tidak hanya satu masalah saja tapi dua sekaligus yaitu masalah dengan sistem pengisian bahan bakar Panigale V4. Akibat kejadian ini diperkirakan semua varian yang di kirim di Amerika akan mengalaminya baik dari Panigale V4 type standart, type S atau Panigale V4 type-Special itu artinya ada 692 unit ditarik untuk penyelesaian dua masalah yang terkait dengan sistim bahan bakar superbike.

Recall Pertama O-Ring Rusak

Permasalahan pertama penarikan Panigale adalah pada seputar katup sistem pernafasan pada Panigale V4 (breathing system valve plug ), yang memungkinkan kebocoran bahan bakar akibat O-ring rusak selama produksi.

Pihak Ducati mengatakan bahwa adanya minyak di sekitar O-ring tidak memungkinkan pemasok untuk mendeteksi kebocoran selama uji kebocoran kontrol kualitas. Sedikitnya jumlah bahan bakar di dalam tangki juga tidak memungkinkan mendeteksi kebocoran selama fase produksi di pabrik.

Untuk mengatasi situasi ini, dealer Ducati akan mengganti O-ring dengan yang baru.

Recall Kedua karena Tutup Tangki

Untuk Masalah kedua adalah masalah tutup tangki Bensin.Yang disinyalir dapat menyemprot gas ketika dibuka, karena sehubungan dengan masalah pernapasan dalam sistem bahan bakar tadi ( sepertinya ini satu masalah namun di pecah).

Untuk masalah tutup tangki bensin, Ducati mengatakan bahwa tutup bahan bakar yang ada tidak dapat bekerja dengan benar di semua kondisi, dan dalam kasus-kasus tertentu, yang dihasilkan dari kombinasi suhu eksternal, penggunaan sepeda motor, dan kuantitas bahan bakar di dalam tangki – mungkin ada peningkatan tekanan di dalam tangki.

Jika ini terjadi, perbedaan tekanan memungkinkan bahan bakar keluar dari tangki saat membuka tutupnya. Untuk memperbaiki masalah ini, dealer Ducati akan “mengolah kembali” tutup tangki untuk meningkatkan pernapasan.

Insiden Kebakaran Ducati

Kedua solusi ini akan dilakukan secara gratis kepada pemilik Panigale, dan diharapkan mulai dilakukan 17 Mei 2018. Masih ingat kasus ketika Ducati Panigale V4 yang terbakar menjadi viral. Ducati Amerika Utara dengan cepat mengganti sepeda motor itu untuk pemiliknya, sekarang mungkinkah semua itu terjadi karena masalah itu ? Adanya kebocoran di O-ring bahan bakar ? Kita tunggu saja hasil investegasi lengkap nya..

Update : Ducati Amerika Utara menyatakan dan menjelaskan bahwa penarikan (Recall) ini tidak terkait dengan foto yang menjadi viral awal tahun ini, yang menunjukkan Panigale V4 yang terbakar… karena kasus terbakar hanya 1 unit saja 

 



Be the first to comment

Leave a Reply