Antara Wuling dan Sokon Sebagai Pendatang Baru



Wuling-Confero
Wuling-Confero

RiderTua Mobil – Pasar otomotif Indonesia kembali diramaikan dengan datangnya Wuling dan Sokon (DFSK) dari China. Keduanya bukan produsen otomotif Negeri Tirai Bambu yang pertama kali hadir di Indonesia. Dulu sempat ada Chery dan Geely disini. Saat ini kedua produsen tersebut harus berusaha keras bisa menepis stigma negatif akan produk China yang buruk di mata masyarakat Indonesia. Antara Wuling dan Sokon sebagai pendatang baru.

Baca juga: Inilah Bocoran Harga DFSK Glory 580, SUV Buatan Sokon Murah ?
dfsk glory 580 sokonindo automobile
(Foto: DetikOto) dfsk glory 580 sokonindo automobile

Walau Se-negara, Tetap Harus Bersaing

Baik Wuling maupun Sokon, keduanya merupakan pendatang baru di Indonesia. Belum lama ini sudah mampu meluncurkan produk baru, seperti Wuling dengan Confero dan Cortez serta Sokon mengandalkan Glory 580 dan Super Cab. Walaupun berasal dari negara yang sama, Wuling masih tetap bersaing dengan Sokon di Indonesia. Tetapi di segmennya masing-masing.

Confero dan Cortez diandalkan Wuling masuk di segmen MPV yang paling difavoritkan masyarakat Indonesia. Sementara Glory 580 ada di segmen SUV siap menghadang CR-V dkk dan Sokon Super Cab di kendaraan komersial. Jadi Wuling dan Sokon akan fokus di segmen yang paling menjanjikan tersebut, walau nanti harus menghadapi persaingan yang sengit dengan produsen mobil Jepang dan Eropa.

Wuling sudah punya pabrik di Bekasi berkapasitas produksi 120.000 unit per tahun. Sementara pabrik Sokon ada di Banten punya kapasitas produksi mencapai 50.000 unit per tahun.

Sama-sama diproduksi lokal, keduanya harus mampu menepis anggapan ‘produk China berkualtias buruk’ dengan memberi fitur yang melimpah pada mobilnya tetapi harganya terjangkau serta jaringan aftersales yang mumpuni.

Tanggapan Wuling

Nathan Sun selaku Sales Director SGMW Motors Indonesia mengatakan

“Sebenarnya kamu bukan melihatnya sebagai kompetitor (Sokon). Karena di pasar setiap merek, setiap produk ada segmennya sendiri. jadi mereka jual SUV kami MPV”



Be the first to comment

Leave a Reply