Pengguna Jalan Yang Tidak Memberi Jalan Ambulans Perlu Ditindak ?



ambulans medan
(Foto: otomotif kompas.com) ambulans medan

RiderTua.com – Ketika menemui ambulans yang mau lewat, tentu para pengguna jalan lain harus memberi jalan agar bisa melintas dengan mudah. Mobil ambulans harus diprioritaskan selain mobil pemadam kebakaran karena keduanya termasuk kendaraan darurat. Tetapi mirisnya, kesadaran masyarakat Indonesia akan hal ini ternyata masih rendah. Pengguna jalan yang tidak memberi jalan ambulans perlu ditindak ?

Baca juga: Dan Raungan Sirine Ambulans Pun gak digubris Pemakai Jalan lain…!!!

Kendaraan Darurat Harus Diutamakan

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Medan Sumatera Selatan. Ketika ada sebuah ambulans melintas di jalanan banyak pengendara tidak memberi jalan bahkan pengemudi Hyundai Getz menghalang-halangi jalan ambulans tersebut. Pengendara motor yang merekam kejadian tersebut berusaha keras untuk membuka jalan.

Ketika pengendara motor tersebut mengingatkan agar tidak menghalangi jalannya ambulan tersebut, ia malah dimarahi oleh pengemudi mobil Getz tersebut. Sang pengemudi malah mengaku kalau dia adalah anggota TNI. Setelah berusaha keras, akhirnya ambulans tersebut mampu melewati jalan tersebut dan berhasil memasuki gerbang tol.

Dan setelah video ini di-upload, banyak netizen yang mengecewakan sikap pengemudi mobil Getz. Mentang-mentang dan egois, melakukan perbuatan yang tidak benar malah bersikap arogan seperti itu. Hal ini sangat disayangkan padahal dia adalah aparat pemerintah.

Dalam undang-undang No 22 tahun 2009 yang mengatur tentang Jalan Raya dan Angkutan, disebutkan bahwa siapapun yang menghalangi ambulan yang sedang bekerja akan mendapat pidana maksimal satu bulan dan denda Rp 250 ribu. Kalau saja polisi dapat menangkap pengemudi nakal tersebut, maka sanksi tersebut bisa dikenakan.

Be the first to comment

Leave a Reply