Ternyata Ini yang Dilakukan Konsumen Sebelum Membeli Mobil

pameran mobil
pameran mobil

RiderTua.com – Berniat untuk beli mobil ? Pilah pilih mobil yang diidamkan pasti kebanyakan orang akan melihat modelnya secara langsung di dealer. Atau hanya melihat di koran atau majalah saja. Eits, itu dulu. Konsumen ‘zaman now’ pasti lain caranya. Cara memilih mobil ‘zaman now’ sudah berbeda lagi. Teknologi dan internet sudah semakin canggih, maka orang tak perlu repot-repot datang ke dealer untuk melihat-lihat mobil. Ternyata ini yang dilakukan konsumen sebelum membeli mobil.

Baca juga: Begini Cara Pembeli Zaman Now Saat Memilih Mobil Bekas

Hasil Survey Google dan TNS

Google Indonesia dan TNS (Taylor Nelson Sofres) yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Consultant Riset Pemasaran mengadakan sebuah riset yang diberi tajuk “Drive to Decide”. Dalam survey itu memperlihatkan bahwa 8 dari 10 orang menonton video review mengenai mobil yang diincar sebelum membelinya.

Sementara 6 dari 10 orang mengaku kalau video online menjadi salah satu faktor mengapa si konsumen membeli mobil. Calon pembeli zaman now akan membandingkan antara model dari merek satu ke merek yang lain. Maklum pilihan mobil dalam satu segmen saja bisa lebih dari 3-4 macamnya.

Setelah melihat video dan membandingkan, pembeli kemudian mencari data spesifikasi mobil yang akan dibeli melalui website resminya. Data tersebut meliputi pilihan warna, mesin, fitur, sampai harga. Jika sudah cocok maka dia akan mendatangi dealer dan memutuskan untuk membeli mobil tersebut.

Dan tahukah anda, bahwa proses mencari informasi dan mempertimbangkan mobil yang akan dibeli biasanya membutuhkan waktu hingga 2 bulan.

Dengan semakin majunya teknologi dan berkembangnya internet, ditambah dengan semakin banyaknya variasi mobil, maka konsumen memiliki banyak opsi dalam memilih mobil yang akan dibeli.

Tanggapan Google

Yudistira Adi Nugroho selaku Industry Analyst Google Indonesia mengatakan

“Google Search menjadi pintu gerbang dari semua informasi. Dengan mencari di internet, pembeli mujali mempertimbangkan model-model baru yang tadinya dia belum tahu. Yang tadinya hanya satu merek, kini mereka mulai tahu dari kompetitor ternyata menawarkan model yang sama. Disitulah mulai ada perbandingan. Jadi dua bulan ini benar-benar proses yang sangat kompleks dan panjang”

Be the first to comment

Leave a Reply