Konsumen Avanza Mulai Tergeser, Oleh Siapa dan Karena Apa ?

Toyota-Avanza-1.5X-2018-malaysia
(Foto: PaulTan) Toyota-Avanza-1.5X-2018-malaysia

RiderTua.com – Boleh jadi Avanza merupakan LMPV terlaris yang dimiliki Toyota selama beberapa tahun sebelum akhirnya tergeser oleh Mitsubishi Xpander pada bulan Februari lalu. Jika dilihat, penjualan Avanza pada bulan Januari-Februari 2018 terjadi penurunan. Apa yang menyebabkan itu terjadi? Ada yang bilang bahwa hal ini dikarenakan konsumen Avanza mulai tergeser. Oleh siapa dan karena apa?

Baca juga: Alasan Toyota Tak Mau Latah Ubah Avanza Seperti Kompetitor

Pindah Ke Lain Hati

Konsumen Avanza saat ini mulai melirik saudaranya Rush, yang baru saja mendapat pembaruan pada akhir tahun lalu. Modelnya hampir mirip dengan Fortuner namun bermesin Avanza dan sama-sama memiliki tiga baris bangku. Tetapi fitur yang disuguhkan Rush lebih banyak sehingga tak sedikit konsumen Avanza yang ‘lari’ ke mobil medium SUV ini.

Kemungkinan lainnya yaitu semakin ketatnya persaingan di segmen LMPV. Dengan adanya Xpander dan Confero yang menawarkan harga murah tetapi fitur melimpah, maka Avanza akan sulit untuk menyerang balik. Banyak konsumen menilai harga Avanza sudah overprice namun tak sebanding dengan fitur yang didapat. Fitur yang dimiliki Avanza lebih sedikit dibanding Xpander atau Confero. Atau bisa dibilang, Avanza tampil apa adanya tapi harganya mahal minta ampyun.

Konsumen ‘zaman now’ mulai lebih jeli saat memilih mobil. Dan mereka mau mobil yang harganya sepadan dengan kelengkapan fitur yang dimiliki mobil tersebut.

Memang saat ini Avanza masih bisa bertahan, dan dia juga masih memegang sebagai produk terlaris dari Toyota. Tetapi untuk ke depannya masih misteri, mengingat Toyota belum mau fokus ke Avanza terlebih dahulu. Karena harus memenuhi inden Rush yang mencapai ribuan. Meski di Malaysia sudah ada varian baru Avanza 1.5X, Toyota masih berpikir dua kali untuk membawanya ke Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply