Tahta Avanza Direbut Xpander, Toyota : Woles Aja !

deretan low mpv

Tahta Avanza sebagai ‘raja’ kelas LMPV harus tergeser oleh Xpander. LMPV dari Mitsubishi ini baru berada di Indonesia hampir 8 bulan lamanya namun dengan kedigdayaannya mampu mengungguli Avanza yang bertahun-tahun selalu kokoh mempertahankan posisinya. Bahkan ada yang menyebut kalau Xpander merupakan ‘Avanza Killer’. Tahta Avanza direbut Xpander, tapi Toyota masih tak mempermasalahkan hal itu.

Baca juga: Heboh Nih ! Xpander Berhasil Mengkudeta Avanza Sebagai Mobil Terlaris di Indonesia

Toyota Woles Aja

Sebenarnya Xpander bukan satu-satunya mobil yang berhasil ‘mengkudeta’ tahta Avanza. Jauh sebelum Xpander ada Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Chevrolet Spin (sudah disuntik mati karena penutupan pabrik di Bekasi). Ketiganya pernah menjadi ancaman bagi Avanza ketika pertama kali dirilis.

Meskipun demikian, Toyota tak menganggapnya sebagai masalah. Dan terbukti, Avanza kembali merebut tahta raja terlaris Indonesia beberapa bulan kemudian dan bertahan hingga bertahun-tahun.

Bagi Toyota itu sudah menjadi hal yang biasa kalau merek mobil lainnya saling bersaing untuk menjadi nomor satu. Menurutnya tak ada istilah saling ‘membunuh’ di segmen manapun termasuk LMPV. Selain itu Toyota juga masih mempunyai jagoan lainnya untuk kelas selain LMPV, contohnya Innova di kelas medium MPV.

Meski saat ini Xpander mulai memperlihatkan tajinya, namun Toyota juga harus waspada dengan merek lain seperti Ertiga hingga low MPV baru dari Nissan. Untuk yang akan brojol sebentar lagi adalah Ertiga Facelift yang berubah total penampilannya.

Untuk mempertahankan eksistensi Xpander, Mitsubishi pasti akan melakukan strategi khusus. Mitsubishi akan menggunakan kesempatan ini untuk semakin meningkatkan penjualan Xpander.

Bukan Kanibalisme

Toyota menyebut kontribusi Xpander dan kawan-kawan bukan disebut sebagai ‘kanibalisme’ di segmen LMPV, justru sebagai persaingan yang sehat.

Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive GM PT. Toyota Astra Motor mengatakan

“Xpander masih berpotensi naik lagi begitu juga dengan yang lain seperti Avanza, Xenia dan Ertiga. Kalau demand naik tinggal pilihan costumer kemana. Dengan kata lain kontribusi Xpander positif bukan kanibalisme”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*