Heboh Nih ! Xpander Berhasil Mengkudeta Avanza Sebagai Mobil Terlaris di Indonesia



Avanza vs xpander
Avanza vs xpander

Toyota Avanza tiada tara dan tiada banding. Itu kata-kata yang tepat menggambarkan betapa ‘sakti’nya Avanza mampu bertahan sebagai “Raja” mobil terlaris di Indonesia selama bertahun-tahun. Seolah tak ada yang bisa menyaingi pesona kedigdayaan Avanza di Indonesia. Namun kabar mengejutkan ketika Mitsubishi Xpander berhasil mengkudeta Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia bulan Februari ini. Heboh nih !

Baca juga: Xpander Hampir Gulingkan Tahta Avanza Persaingan Low MPV Semakin Panas

Februari Bulannya Xpander

Hal ini sangatlah mengejutkan, karena Xpander masih tergolong mobil baru yang hadir di Indonesia baru 7 bulan lamanya. Tapi ternyata Mitsubishi berhasil membuktikan kalau Xpander mampu bersaing di pasar yang persaingannya sangat ketat serta peminatnya cukup banyak.

Dilansir dari Kompas.com, penjualan wholesales Xpander pada bulan Februari 2018 mencapai 7.400-an unit, sementara Avanza hanya membukukan penjualan sebanyak 6.773 unit. Keduanya sudah mulai ‘saling tempel’ sejak Januari lalu. Yaitu dengan wholesales Avanza sebesar 7.543 unit dan Xpander 7.079 unit. Xpander tercatat menguasai market share sebanyak 31 persen. Sementara Avanza 28 persen. Artinya penjualan bulan Februari Avanza menunjukkan adanya penurunan dan Xpander malah sebaliknya.

Mitsubishi merasa lega setelah LMPV terbarunya berhasil menggeser tahta Avanza pada bulan Februari lalu. Tetapi Mitsubishi tak boleh puas diri dulu. Karena masih harus menyelesaikan inden dari konsumen dengan meningkatkan kapasitas produksi dan mempercepat pemenuhan pengiriman unit ke konsumen.

Pertarungan Avanza vs Xpander masih akan berlanjut. Perang belum usai. Pasar masih ramai. Mampukah Xpander mempertahankan tahtanya itu di bulan Maret ini ?  Atau bisakah Avanza merebut kembali tahtanya?

Tanggapan Toyota

Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive GM PT. TAM (Toyota Astra Motor) mengatakan

“Kami bersyukur kepada pelanggan yang masih percaya dengan produk Toyota seperti Avanza. Toyota selalu mengedepankan layanan terbaik untuk pelanggannya sehingga pelanggan mudah mendapatkan layanan-layanan Toyota, seperti halnya jumlah Outlet yang sudah di atas 300 jaringan”

Toyota masih optimis dengan penjualan Avanza. Tergesernya Avanza dari tahta mobil terlaris bulan Februari tak mengkhawatirkan buat Toyota. Pasti Toyota tak akan tinggal diam untuk mengembalikan posisi ‘raja’ low MPV di Indonesia.



Be the first to comment

Leave a Reply