Sinyal Tech3, Runtuhnya Dominasi Honda dan Yamaha di MotoGP

RiderTua.com – Ada hal yang menarik jika dikaitkan perceraian Tech3 dan Yamaha MotoGP. Tim satelitnya lebih memilih untuk pindah ke tim lain, bahwa itu sebuah perselisihan pendapat memang sebuah fakta ( Tech3 minta mesin resmi). Namun kekuatan Tech3 untuk berpisah dari Yamaha adalah sebuah tanda lain di balap paling bergengsi itu. Kita bisa lihat perpindahan Tech3 dan runtuhnya dominasi Honda dan Yamaha di MotoGP kedepan.

Yamaha adalah tim papan atas, terlepas dari saat ini lagi bermasalah namun M1 masih mempunyai basis mesin pilih tanding. Potensi Yamaha untuk juara masih ada, bahkan M1 adalah mesin paling ramah untuk ‘rider pemula’ di MotoGP. Tech3 meninggalkan Yamaha untuk pergi KTM adalah sebuah “pertanda”. Ya.. ada tanda-tanda pergeseran struktur dasar di MotoGP. Saat ini pabrikan lain seperti Aprilia dan KTM menunjukkan tanda-tanda bangkit  sebagai rival kuat tim papan atas yang sebelumnya menjadi dominasi bergantian Honda dan Yamaha. Sedangkan fakta yang sudah berjalan adalah Ducati dan menyusul Suzuki.

Tanda-Tanda Rossi Game Over di 2021 di Depan Mata

Dorna Senang

Semua ini memang yang diharapkan Dorna sebagai yang punya “gawe” alias empunya hajatan MotoGP. Jika semua tim kompetitif maka yang ada adalah tontonan yang menarik. Ducati di era Gigi Dall’Igna sudah menunjukkan kebangkitan tim merah membuat sepeda motor mereka lebih kompetitif. Membuat terobosan berani dengan membeli mahal Jorge Lorenzo sehingga menimbulkan efek domino bagi Maverick Vinales untuk gabung dengan Yamaha. Namun mengguncang Suzuki yang sudah mulai panas dengan letupan Vinales saat itu namun harus di ‘Shift’ ke Yamaha. Terlepas dari hilangnya pembalap potensial mereka ke Yamaha, daya saing Suzuki sudah semakin meningkat jauh lebih menarik dibandingkan masa lalu. Demikian pula dengan KTM pendatang baru yang punya anggaran besar juga akan menggunakan sumber daya finansial dan teknik yang mereka punya untuk membuat motor RC16 mentereng di kelasnya. Aprilia pun juga tak bisa diremehkan semakin dekat dengan barisan depan.

Tanda-Tanda Rossi Game Over di 2021 di Depan Mata

Tech3 dan Runtuhnya Dominasi Honda dan Yamaha di MotoGP

Jadi keputusan Tech3 untuk berani pindah ke KTM merupakan tanda-tanda meningkatnya kekuatan mesin yang kian kompetitif di MotoGP. Banyak pilihan bagi tim satelit dan tentunya bagi para pembalap. Dan yang dapat diambil kesimpulan dari pindahnya Tech3 dan runtuhnya dominasi Honda dan Yamaha di MotoGP kini sedang berlangsung.

5 Comments

    • setuju bro, selama ini Honda gak pernah kesulitan buat nyari tim satelit, lagian sekarang juga sudah kebaca kok kalo sebenernya strategi honda hanya ke Repsol sama LCR sedangkan untuk MVD mah lanjut ok, mo keluar juga silahkan.
      yang perlu dikhawatirkan adalah Yamaha karena disini peran VR46 sangat mendominasi sampai menganaktirikan pembalap mudanya sendiri, apalagi klo tim VR46 jadi ke moto gp dan pake yamaha itu sebenernya akan menjadi hal buruk karena si VR46 gak akan pernah senang kalo ada yang lebih baik darinya.

    • runtuhnya dominasi berarti bukan kalah… disini artinya ‘tidak lagi’ mendominasi.. 🙂

  1. begitu balap mesin bakar vs mesin listrik digabung, semua akan beralih ke mesin listrik.

    Dan perang elektronik vs daya tahan batre & ban akan semakin sengit

Leave a Reply