Ini Alasan Kenapa Confero Matik Tidak Bisa ‘Pinjam’ dari Cortez

Wuling-Confero
Wuling-Confero

Wuling Cortez memang menggunakan mesin dan transmisi yang sama dengan Baojun 730, yaitu mesin bensin 1.8 liter dengan dua pilihan transmisi, manual dan matik. Sementara Confero hanya ada transmisi manual saja, karena di China juga tidak ada yang bertransmisi matik. Dan kabarnya Wuling akan menghadirkan Confero versi matik sebentar lagi. Namun ini alasan kenapa Confero matik tidak bisa ‘pinjam’ dari Cortez.

Baca juga: Beda Cortez-Confero Versi Indonesia dengan Versi China

Confero Matik Dalam Tahap Pengembangan

Berita terbaru dikabarkan bahwa Wuling berinisiatif untuk mengembangkan Confero versi matik khusus untuk pasar Indonesia dan China. Kenapa baru sekarang ? Kemauan konsumen di dua negara itu dari hari ke hari semakin banyak yang menyukai mobil matik. Karena pengemudi ‘zaman now’ maunya serba praktis dan mudah.

Selain hal itu, yang menjadi alasan lain adalah karena melihat para pesaingnya di kelas LMPV sudah punya versi matik. Mau tak mau Wuling harus mengikuti apa kemauan konsumen agar jualannya ‘laku’.

Wuling tidak menjelaskan kapan tepatnya mereka bisa meluncurkan versi matik Confero. Memang tidak dalam waktu dekat, karena masih harus melewati serangkaian pengembangan dan penelitian agar bisa bersaing dengan saingannya di pasar segmen favorit masyarakat Indonesia ini.

Tak Bisa Pakai Transmisi Cortez

Tetapi, kalau Cortez sudah ada versi matiknya, kenapa Wuling tidak langsung mengadaptasikannya ke Confero? Cortez menggunakan sistem transmisi matik intelligent-AMT dengan 5 percepatan.

Sistem transmisi matik milik Cortez tak bisa dipakaikan ke Confero. Ternyata ini karena perbedaan sistem penggeraknya. Confero menggunakan penggerak roda belakang, sementara Cortez penggerak roda depan. Itu butuh waktu lama dan tak mudah untuk menyesuaikannya pada Confero.

Selain itu, Wuling juga tidak menjelaskan secara rinci mengenai teknologi yang akan digunakan pada transmisi matik Confero.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*