Yamaha Masih Bandel dengan Winglet yang Dilarang di MotoGP?

Yamaha Masih Bandel dengan Winglet yang Dilarang di MotoGP
Masih ingat dengan diskusi antara pihak Yamaha dengan penyelenggara balap dalam hal ini kepala yang membidangi sisi teknologi di MotoGP, Danny Aldridge. Seperti dilansir Crash.net, Intinya pihak panitia menyarankan agar desain sayap 2017 harus mendapat ubahan. Danny Aldridge mengatakan bahwa bentuk fairing Valencia 2017 belum versi final. Lalu apakah Yamaha masih bandel dengan winglet yang dilarang di MotoGP?

Yamaha Masih Bandel dengan Winglet yang Dilarang di MotoGP

Jika kita melihat model 2017 maka disitu bentuknya memang terlihat tajam. Namun entah karena view yang beda atau bagaimana terlihat lebih “tumpul”. Apakah ini hasil dari yang mereka diskusikan kemarin? Apakah ini juga sudah mendapat persetujuan? Tentunya kita harus menunggu hingga seri Qatar. Ingat selam ini sesi uji coba masih belum dilarang.

Yamaha Masih Bandel dengan Winglet yang Dilarang di MotoGP

Nakasuga Uji Coba Downforce

Perang sektor aerodinamika memang tak terhenti di kelas MotoGP. Setelah kemarin Honda dengan fairing yang sama sekali baru di RC213V-nya maka Yamaha juga tidak mau ketinggalan. Dan beberapa media menyatakan sudah mengambil langkah maju di sektor ini.
Pembalap yang bertanggung jawab menguji desain baru ini adalah Katsuyuki Nakasuga dari Jepang, yang mengumpulkan data dari beberapa lap untuk memeriksa apakah efek downforce yang dicapai oleh ailerons ini (tanpa tepi seperti yang diperintahkan oleh peraturan) memungkinkan pabrik di Iwata harus menggunakan sedikit bantuan dari sisi elektronik demi menghindari wheliee (roda depan mengangkat) saat berakselerasi.

katsuyuki Nakasuga
katsuyuki Nakasuga

Rossi dan Vinales Uji Airbox Baru

Selama tes kemarin hanya Nakasuga adalah satu-satunya pembalap Yamaha yang mengendarai M1 dengan fairing ini. Sementara baik Valentino Rossi maupun Maverick Vinales sedang menguji evolusi desain yang sudah mereka gunakan pada 2017. Perubahan versi 2018 adalah area pintu masuk airbox dimana kali ini dengan bentuk yang lebih runcing. Model sebelumnya masih kurang dalam mengubah aliran udara. Secara pendapat pribadi sepertinya memang ada ubahan namun sedikit. Dasar bentuknya masih sama dengan versi 2017 di Valencia..

 

Jika Yamaha masih memakai sayap yang dulu sempat dikabarkan dilarang. Bisa jadi sudah terjadi perdebatan antara tim dengan panitia balapan. Dan argumen tim Yamaha diterima. Atau desain final akan ditentukan di Qatar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page