Dongeng Otomotif : Kenapa Motor Bebek Honda Laris…?

Taruhan berapa? pasti salah satu pembaca ada yang pernah punya motor bebek Honda ini… paling tidak melihatnya hehe.. Gambar dibawah ini memperlihatkan deretan motor kebanggaan Honda Jepang. Yang dipajang dalam event pencapaian kesusksesan 100 juta unit Honda Supercub di seluruh dunia.¬†Kenapa motor bebek Honda laris ..?

Pencapaian 100 juta Unit Honda Supercub
Coba amati dengan teliti..ada motormu disana? ūüėÄ

Super Cub Series Achievement of 100 Million Units Worldwide Production

Mungkin bro ada yang kenal dengan nama Supra X, Karisma, Karisma X, Kirana, Astrea 700, Astrea 800, Astrea Star, Astrea prima, Astrea Grand, Astrea Impressa, Astrea legenda, Honda supercub yang saya kenal adalah ada lampu kotanya di “tebeng”..
Gambar diatas adalah salah satu sesi pemotretan varian di “kapal induk” markas Honda Jepang. Upacara peringatan melimpahnya angka penjualan varian mereka. Mereka sebut¬†Super Cub Series Achievement of 100 Million Units Worldwide Production .
Acara itu diadakan di pabrik Honda Kumamoto Seisakusho pada tanggal 19 Oktober 2017 lalu.
Takahiro, sebagai presiden Honda kedelapan, memiliki pandangan yang fantastis seperti menampilan varian Honda sebelum semua karyawan pabrik berkumpul pada upacara peringatan tersebut. Dan pandangannya di artikel ini dan akan terjawab sebuah pertanyaan kenapa motor bebek Honda laris dan tersebar di seluruh dunia.

Pencapaian 100 juta Unit Honda Supercub
Lihatlah lonjakan yang cenderung naik hingga kini.. 100.000.000 unit ..biyuhh…

200 juta Next Target?

Produksi secara akumulatif dari 100 juta unit seri Super Cub, tentu saja merupakan rekor tertinggi di dunia dengan hanya satu varian saja. Dimana butuh waktu 59 tahun sejak pertama rilis di tahun 1958 ( lihat statistik/ grafik di atas). Namun, rekaman ini adalah “Updating in Progress” yang akan berlanjut terus. Namun hebatnya lagi wacana presiden Honda dengan 200 juta unit berikutnya ketika berpidato pada upacara peringatan itu mungkin adalah sebuah rekor yang bisa jadi akan dicapai di masa depan. Namun sekarang tidak dapat diprediksi.

Supercub Jadi Budaya di Jepang

Mungkin pencapaian itu tidak akan mengagetkan orang Jepang sendiri karena seri Super Cub sepenuhnya sudah terintegrasi atau menyatu dalam kehidupan dan budaya Jepang. Di jepang baik di desa atau kota manapun di Jepang sehari-hari bisa melihat Super Cub. Seperti dipakai untuk pengiriman surat POS dan pengiriman surat kabar, dan supercub dipakai untuk kendaraan delivery ( pengiriman) sebuah toko sepatu. Dan pada institusi finansial dipakai sebagai kendaraan operasional. Super Cub tidak diragukan lagi merupakan bagian dari lansekap sehari-hari yang familier. Tidak heran di tempat manapun Super Cub ada. Jadi, itu tidak mengherankan orang Jepang sendiri jika bisa tembus 100 juta Unit terjual di seluruh dunia.

Pencapaian 100 juta Unit Honda Supercub

Angka 100 juta dalam 59 tahun adalah WOW…!!!

Namun angka 100 juta unit selama 59 tahun itu sangat besar. Ada beberapa produk industri lain yang diproduksi secara massal selain Super Cub saat ini seperti ponsel, produk game, buku, dll. Namun jika dibandingkan dengan jenis produk dan kisaran harga yang relatif kalangan menengah yang mampu mendapatkannya. Honda Super Cub pastinya merupakan pencapaian yang wow untuk produk industri. Terutama jika dilihat pada Zaman Now akan menjadi hal yang fenomenal di abad ke-21. Namun Honda tetap rendah hati dengan pencapaian 100 juta pengguna, mereka merasa hanya berapa persen dari populasi penduduk bumi saat ini yang berjumlah sekitar 7,4 miliar orang. Dan hanya beberapa persen orang pernah membeli Super Cub. Namun tetap saja itu adalah pencapaian fantastis jika dilihat secara rivalitas.

Supercub 110
Supercub 110

Kenapa Motor Bebek Honda Laris

Hal menarik yang diungkapkan adalah kenapa Supercub bisa capai 100 juta unit. Tak lain adalah merupakan motor yang enak ( good taste). Ringan untuk dikendarai yang membuat pengendaranya merasa nyaman saat naik dan memacunya. Tanpa semua itu tidak mungkin capai 100 juta dalam 59 tahun. Selain nyaman dan murah, mobilitas dan fleksibilitas sebuah motor kelak akan menjadi hal yang dicari konsumen. Supercub memberikan kebutuhan buat kalangan lain para komuter(selain mobil).

Honda Super Cub 110
Honda Super Cub 110

Tersebar di 160 Negara

Saat ini, seri Super Cub telah terjual di 160 negara. Angka itu adalah sama artinya dengan sekitar 80% dari negara di dunia, ada banyak tempat dimana infrastruktur kehidupan sosial seperti angkutan umum tidak memadai dan belum lengkap seperti di desa atau bahkan kota. Menjadi sarana untuk mendapatkan makanan dan air ( mata pencarian) sebagai sarana transportasi dalam kehidupan sehari-hari. Yang lebih fleksible dan bebas tanpa terikat waktu. Dan di negara tertentu sepeda motor ini sangat vital. Akhirnya kita tahu bukan kenapa motor bebek Honda laris .

Nih motor mbah dulu.. sudah senang minta ampun naik motor ini ūüėÄ

Honda Supercub 700

1 Comment

  1. Di Indonesia kalah dengan beat, lebih praktis. Di tempat saya, ibu-ibu yang berangkat ke sawah untuk tanam padi/kegiatan bertani lainnya semua sudah bawa motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*